Ilustrasi/Thefiscaltime
Relationship

Tingkat Kepuasan Karir Berpengaruh pada Kesehatan Seseorang

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 24 Agustus 2016 - 13:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Ketidakpuasan kerja bagi pekerja usia di akhir 20-an dan 30-an dapat berpengaruh pad akesehatan mereka di awal 40 tahunan. Demikian menurut para peneliti.

Temuan itu menunjukkan bahwa kesehatan mental yang paling terpengaruh oleh perasaan seseorang tentang pekerjaan mereka.

"Kami menemukan bahwa ada efek kumulatif dari kepuasan kerja terhadap kesehatan yang muncul pada awal 40-an," kata pemimpin penelitian Jonathan dirlam, mahasiswa doktoral di The Ohio State University, di Amerika Serikat.

Orang-orang yang kurang senang dengan pekerjaan mereka di awal karir mereka lebih tertekan dan juga memiliki masalah sulit tidur.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa orang-orang dengan kepuasan kerja yang rendah dan karir yang tertahan, cenderung memiliki lebih banyak masalah seperti sakit punggung dan sering pilek dibandingkan dengan orang puas dengan pekerjaannya.

"Bahkan masalah kesehatan mental lebih besar dialami mereka yang tidak puas dengan pekerjaannya, yang pada akhirnya berpengaruh pada masalah fisik mereka," ujar Hui Zheng, Associate Professor di Ohio State.

"Peningkatan kecemasan dan depresi dapat menyebabkan penyakit jantung atau masalah kesehatan lain yang tidak akan muncul sampai mereka tua," kata Zheng.

Untuk penelitian ini, tim melakukan penelitian terhadap tingkat kepuasan kerja pada pekerja berusia 25-39 tahun. Peserta ini kemudian dicek kembali tingkat kesehatannya saat masuk usia 40 tahunan.

Para peneliti menempatkan peserta dalam empat kelompok: kepuasan kerja secara konsisten rendah dan tinggi secara konsisten.

Penelitian ini dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Sociological Association di Seattle, baru-baru ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : timesofindia.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro