Seni cukil kayu atau moku hanga dari Jepang/vinwes
Show

Seniman Jepang Ini Siap Pamerkan 15 Karya Cukil Kayu

Dika Irawan
Rabu, 24 Agustus 2016 - 18:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seniman cukil kayu berkebangsaan Jepang Teruko Seriu akan menggelar pameran 15 karya cetak cukil kayunya di Jakarta. Karya-karya tersebut mengusung tema cahaya, ombak, dan laut.

Teruko sengaja mengambil tema tersebut karena sangat senang menyelam dan memang mengagumi dunia bawah laut. Menurut dia, makhluk-makhluk laut memiliki keunikan tersendiri dibanding makhluk darat. Terlebihk ketika menyelam, dia mendapat pengalaman menakjubkan melihat dunia bawah air tersebut.

"Kebetulan gambar-gambar ini saya ambil ketika menyelam di lautan Jepang," ujarnya, Rabu (24/8/2016).

Teruko yang telah bertahun-tahun bermukim di Indonesia ingin mengenalkan teknik cukil kayu kepada masyarakat Indonesia. Menurut dia moku hanga, perlu diperkenalkan di Indonesia, karena karya cukil kayu memerankan peranan penting dalam dunia seni grafis.

Karya-karya Teruko ini dibuat dalam rentang tahun 2009 hingga 2016. Dia mengaku seluruh karyanya dibuat di Indonesia. Sedangkan, peralatan dan medianya diboyong langsung dari Jepang. Sebab media kertas, kayu, hingga alat cukil tidak dapat ditemukan di Indonesia.

Teknik cukil kayu atau moku hanga dalam bahasa Jepang, pada awalnya dikenal di Negara Matahari Terbit itu karena ajaran Buddha yang dibawa masuk orang-orang China. Teknik tersebut berkembang dan digunakan untuk pengumuman festival atau pertemuan desa. Hingga pada akhirnya digunakan membuat karya seni.

Pameran sendiri akan berlangsung pada 29 Agustus hingga 2 September mendatang di Hall Japan Foundation, Jakarta. Dalam pameran tersebut rencananya selain karya Teruko akan dihadirkan pula peralatan cetak cukil kayu serta cara pembuatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro