Ilustrasi/Webmd
Health

Anak Balita Jangan Dipaksa Harus Bisa Baca Tulis

Nurudin Abdullah
Rabu, 31 Agustus 2016 - 11:59
Bagikan

Bisnis.com, TANGSEL-Anak-anak berumur 4-5 tahun tidak boleh dipaksakan untuk bisa membaca dan menulis, karena usia tersebut merupakan masa emas mereka tumbuh berkembang tanpa ada paksaan.

Nurbaiti, guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), mengatakan para guru sekolah taman kanak-kanan (TK) maupun PAUD biasanya mendapatkan pelatihan mengajar bagi anak-anak usia di bawah lima tahun.

“Para guru harus mengerti dalam mengajar anak-anak usia di bawah lima tahun itu ada perlakuan khusus, tidak boleh ada pemaksaan, termasuk dalam belajar membaca dan menulis,” katanya, Rabu (31/8/2016).

Menurutnya, mengajar anak-anak harus dilakukan dengan cara bermain yang menyenangkan, tidak memaksakan suatu keterampilan yang belum saatnya buat mereka, sehingga apa yang diajarkan dapat diserap dengan baik.

Sementara itu Mathodah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan, sebelumnya, mengatakan pihaknya dalam perayaan Hari Anak Nasional telah mengukuhkan 54 bunda PAUD yang mewakili seluruh kelurahan di Tangsel.

Pengukuhan bunda PAUD kelurahan itu diharapkan dapat memotivasi anak dan guru dalam kegiatan  belajar-mengajar dan pengembangan kreatifias yang akan diikuti dengan senang para murid TK dan PAUD.

Adapun tugas para bunda PAUD kelurahan, antara lain melakukan koordinasi dan pembinaan di setiap PAUD dan TK di wilayahnya masing-masing agar dapat melayani anak-anak yang belum mendapat hak dalam sekolah bermain,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro