Otak/medicaldaily.com
Health

Kanker Otak Pembunuh Nomor Satu Remaja AS

Newswire
Senin, 19 September 2016 - 09:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Sebuah studi memaparkan, kanker otak telah melampaui leukemia sebagai penyebab utama kematian akibat kanker pada anak-anak dan remaja di Amerika Serikat.

Pada 2014, kanker otak menyumbang hampir 30 persen kematian akibat kanker pada anak usia satu hingga 19 tahun di Amerika Serikat. Sedangkan, leukemia menyumbang sekitar seperempatnya, demikian laporan yang diterbitkan oleh Pusat Statistik Kesehatan Nasional AS, di mana pada 1999 presentasinya justru terbalik.

Dari hasil studi tersebut, telah terjadi peningkatan pengobatan untuk kanker leukimia, namun hal sebaliknya justru terjadi pada kanker otak. "Ini adalah tonggak penting, semacam perubahan," kata Sally Curtin, kepala tim penulis laporan tersebut dilansir Xinhua, seraya menambahkan bahwa perubahan tercermin dari menurunnya jumlah kematian akibat leukimia, bukan meningkatnya kematian akibat kanker otak.

Menurutnya, beberapa jenis leukemia yang hampir secara universal dikatakan fatal pada generasi yang lalu, sekarang secara universal dapat diobati. Leukemia adalah sekelompok kanker yang biasanya dimulai di sumsum tulang dan mengakibatkan tingginya jumlah sel darah putih secara abnormal.

Pengobatan penyakit ini mungkin melibatkan kombinasi kemoterapi , terapi radiasi, dan transplantasi sumsum tulang . Di Amerika Serikat, kanker merupakan penyebab utama kematian keempat pada anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro