Polusi udara mungkin menjadi faktor resiko bagi serangan Alzheimer's./Bisnis
Health

Polusi Udara Faktor Risiko Serangan Alzheimer

Martin Sihombing
Jumat, 23 September 2016 - 11:19
Bagikan

Bisnis.com, MEXICO CITY -  Polusi udara mungkin menjadi faktor resiko bagi serangan Alzheimer's, kata seorang ilmuwan Universitas Otonomi Nasional di Meksiko (UNAM).

Clorinda Arias Alvarez, dari Institut Penelitian Biokimia di UNAM, menyoroti studi baru mengenai otak pada sebanyak 30 orang yang hidup dan meninggal di Mexico City, yang mengungkapkan keberadaan magnetit, oksida besi yang dikeluarkan ke udara dari pembakaran bahan bakar.

Di dalam siaran yang dikeluarkan pada Selasa (20/9), Arias mengatakan studi tersebut --yang dilakukan oleh Universitas Lancaster-- di Inggris, "adalah temuan penting, sebab itu memperlihatkan partikel nano magnetit yang terdapat di otak berasal dari kendaraan bermotor; partikel itu menyebar ke atmosfir dan memasuki tubuh ketika zat tersebut dihirup melalui hidung".

Partikel itu dapat meningkatkan kemungkinan penyebaran penyakit yang merusak ingatan dan akhirnya fungsi penting lain otak.

Faktor resiko lain bagi Alzheimer's diduga berasal dari makanan yang mengandung gula dan lemak, dan gaya hidup yang tidak bergerak, kata Arias, sebagaimana diberitakan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat pagi.

"Kami tidak mengetahui apa yang menciptakan zat tersebut, tapi kami tahu beta-amyloid meningkat bersama makanan yang kaya akan lemak dan gula. Sekarang temuan ini mengundang kami untuk mempelajari faktor polusi lingkungan hidup," kata Arias.

"Untuk menghindari Alzheimer's, orang harus makan makanan yang sehat, makanan yang rendah gula dan lemak, berolahraga, dan kini hidup di satu lingkungan hidup yang terlalu banyak polusi," kata wanita ilmuwan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA/XINHUA-OANA
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro