Pesona Batik Wastra Nusatara/dokumentasi
Fashion

Keindahan Budaya Indonesia dalam “Pesona Batik Wastra Nusantara”

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 29 September 2016 - 10:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Kekayaan budaya di Indonesia merupakan warisan leluhur yang wajib dijaga keberadaannya, salah satunya adalah wastra Batik Indonesia. Kain Batik sangat dikenal di hampir seluruh pelosok Nusantara, bahkan telah tersohor hingga mancanegara.

Setiap provinsi di Indonesia pasti memiliki ciri khas keunikan jenis motif dan corak kain Batiknya. Sebagai bentuk apresiasi terhadap kekayaan Indonesia ini, serta memperingati Hari Batik tanggal 2 Oktober mendatang, Summarecon Mal Kelapa Gading menghadirkan Pesona Batik Wastra Nusantara mulai 28 September – 2 Oktober 2016.

“Meningkatnya unsur modernitas sekarang ini bukan berarti kita melupakan unsur budaya dalam sejarah negara kita. Oleh karena itu, Summarecon Mal Kelapa Gading selalu konsisten mengkolaborasikan unsur modern dengan kekayaan budaya Nusantara, salah satunya melalui event Pesona Batik Wastra Nusantara yang menjadi momentum dalam memperingati Hari Batik Nasional," ujar Cut Meutia, GM Corporate Communications Summarecon dalam siaran persnya

Dia mengatakan ada beragam kegiatan menarik yang tidak boleh dilewatkan di Pesona Batik Wastra Nusantara, sebagai berikut

Batik Bazaar Gallery.
Hadir untuk memberikan ragam jenis Batik terbaik yang bisa dimiliki oleh para pecinta fesyen. Bazaar ini hadir mulai 28 September - 2 Oktober 2016 di The Forum MKG 3 serta koridor MKG 3.

Drapping Education.
Drapping adalah sebuah teknik dalam dunia fesyen yang mengandalkan kemampuan untuk membuat sebuah bentuk busana dari kain panjang langsung di atas manekin tanpa memotong kain tersebut. Pada kesempatan ini, pecinta fesyen bisa mendapatkan pelatihan tentang bagaimana menghasilkan sebuah drapping yang indah pada tanggal 28, 29, dan 30 September pukul 17.00 WIB dalam Drapping Education “Batik As A Beautiful Dress”.

Fashion Show.
Selain menghadirkan bazaar, pengunjung Summarecon Mal Kelapa Gading pun disuguhi fashion show dari beberapa desainer terbaik Indonesia, seperti Asri Welas, Tities Saputra, dan masih banyak lagi, pada tanggal 28, 29, 30 September pukul 19.00 WIB, tanggal 1 Oktober 2016 pukul 17.00 WIB, serta 2 Oktober 2016 pkl 14.00 WIB.

Batik Demo.
Penggemar Batik juga berkesempatan mengikuti Batik Demo yang hadir pada 29 dan 30 September 2016 pukul 14.00 WIB serta 2 Oktober 2016 pukul 17.00 WIB.

Batik Fashion Styling Competition.
Bagi yang merasa memiliki kemampuan styling di dunia fesyen, jangan lewatkan kompetisi menarik pada tanggal 1 Oktober 2016 pukul 11.00 WIB yang mengharuskan setiap pesertanya menghadirkan sebuah konsep styling yang menarik dan up to date dalam balutan busana Batik yang telah disediakan panitia.

Workshop Furoshiki.
Furoshiki adalah kebiasaan yang ada di Jepang, yaitu seni membuntal/membungkus kain persegi empat dalam beragam corak. Pada awalnya teknik tersebut untuk membungkus barang bawaan masyarakat Jepang untuk dibawa ke pemandian umum. Pada kesempatan ini, teknik ini diadaptasi dan dikembangkan menjadi sebuah teknik yang multifungsi, tidak hanya untuk kebutuhan membungkus sesuatu tetapi juga menjadi sebuah seni menggunakan corak Batik Indonesia. Wokshop ini hadir pada 2 Oktober 2016 pkl 11.00 WIB.

Selain berbagai program menarik, pada Pesona Batik Wastra Nusantara ini juga hadir beragam tawaran program belanja menarik seperti Shopping Privilege, dimana pemilik MKG Friendship Card berhak mendapatkan voucher belanja di Bazaar Batik dengan menukarkain poinnya. Instant Gift, setiap pembelanjaan minimal Rp 1.000.000,-  atau Rp 750.000,- untuk pemilik kartu kredit Standart Chartered, di area Bazaar Batik. Pemilik MKG Friendship Card berhak mendapatkan merchandise menarik secara langsung. Standart Chartered Reward, bagi pemilik MKG Friendship Card kembali berhak mendapat keuntungan yaitu mendapat 1 stamp point untuk setiap pembelanjaan dengan menggunakan kartu kredit Standart Chartered.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro