ilustrasi/dailymail.co.uk
Health

Kontrasepsi Pria Temuan Biosains UB Dipatenkan

Choirul Anam
Kamis, 29 September 2016 - 17:13
Bagikan

Bisnis.com, MALANG - Vaksin kontrasepsi pria hasil penemuan  Profesor Aulani'am dan ti nya  dari Institut Biosains Universitas Brawijaya Malang segera dipatenkan.

“Saat ini sudah terdaftar paten dan diupayakan mendapatkan hak paten,” ujar Aulani’am di Malang, Kamis (28/9/2016).

Produk hasil penelitian ini  sudah dilakukan secara in vivo di laboratorium dan menunjukkan hasil yang sangat bagus, sebagai vaksin kontrasepsi pria yang efektif, aman dan reversible.

Hak paten  dari rangkain penelitian ini sebagai modal peneliti untuk bekerjasama dengan industri  agar tidak akan ada komplain terhadap produk yang sudah  diproduksi.

Penelitian tentang vaksin kontrasepsi pria sudah dilakukan sejak belasan tahun lalu oleh tim peneliti Universitas Brwaijaya. Vaksin kontrasepsi yang sedang dikembangkan ini berupa  human recombint protein yang akan  menganggu proses spermatogenesis  melaui gangguan terhadap  ikatan antara hormon FSH dan reseptornya yaitu FSHR.

Pada prinsipnya, kontrasepsi bagi pria itu bertujuan untuk menghambat pembuahan dengan memperlambat motilitas (gerakan)  dan gerakan sperma sehingga tidak bisa mencapai sel telur.

Uji Coba

Cara itu telah diujicobakan ke hewan percobaan mencit  dan tikus putih dan telah terbukti dapat mengurangi jumlah anak kedua hewan itu. Selain itu juga tidak mempengaruhi sintesis hormon yang berkaitan dengan libido yaitu hormon LH. 

Tahap penelitian yang akan dilakukan selanjutnya adalah aplikasi pada manusia. Upaya ini dilakukan bekerjasama dengan para dokter terkait reproduksi pria.

Kontrasepsi tersebut tidak akan mengganggu produksi hormon pria yang berkaitan dengan libido dan dapat dengan mudah kembali ke kondisi kesuburan semula setelah suntikan dihentikan atau bersifat reversible  yaitu terjadi infertilitas pria sementara. 

"Kelebihan alat kontrasepsi pria, ini tidak mengganggu profil hormon LH, karena tidak menganggu libido,” ucapnya.

Kontrasepsi tersebut hanya mencegah spermatogenesis atau pembentukan sperma. Apabila spermatogensis dihambat, maka ada penekanana terhadap infertilitas pria.

Vaksin ini ideal setelah dihentikan tidak mengganggu proses spermatogenesis dan kualitas sperma  akan kembali semula.Untuk diaplikasikan pada manusia, masih melalui beberapa tahap penelitian seperti   penyiapan approval dari komisi etik penelitian kesehatan, ethical clearance dan inform concern.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Choirul Anam
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro