Fashion

Etika Berlalu Lintas Pejalan Kaki

Atiqa Hanum
Rabu, 12 Oktober 2016 - 05:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Beberapa orang beranggapan aturan dibuat untuk dilanggar. Tidak banyak yang memahami pentingnya aturan dalam berkehidupan bermasyarakat. Contohnya saja sebagai pejalan kaki, tentu Anda harus memiliki etika yang baik.

PT Marga Mandalasakti, PT Astratel Nusantara, PT Serasi Autoraya dan PT Astra Graphia Tbk, yang merupakan bagian dari grup PT Astra International Tbk turut menggelar acara Hari Aksi Cerdas dengan mengajak siswa dan siswi SDN 20 Pejaten Timur, Jakarta Selatan dengan memberikan materi “Indonesia Ayo Aman Berlalulintas”.

Supervisor Coporate Social Responsibility PT Marga Mandalasakti (Pengelola Tol Tangerang-Merak) Bedah Bimantoko menerangkan beberapa etika dalam berjalan kaki di trotoar yakni berjalanlah dengan tenang, perhatikan lalu lintas sekitar, posisikan orang dewasa berada di sisi yang paling dekat dengan lajur jalan dan jangan mengganggu/menghalangi pejalan kaki dari arah sebaliknya.

Bagaimana kalau tidak ada trotoar? Berjalanlah menghadap arah lalu lintas agar tahu kendaraan yang mendekat. Lalu, berjalanlah pada sisi yang paling jauh dengan lalu lintas kendaraan,” terangnya, Selasa (11/10/2016).

Lalu, dia menambahkan pejalan kaki yang hendak menyebrang jalan agar lakukan di zebra cross. Selalu lakukan 4T yaitu Tunggu sejenak, Tengok kanan, Tengok kiri dan Tengok kanan lagi. Lakukan penyebrangan saat kendaraan benar-benar berhenti dan jalanlah dengan hati-hati di zebra cross tersebut.

Selain di zebra cross ada tempat lain untuk menyebrang yaitu di Jembatan Penyebrangan Orang (JPO). Anda perlu berhati-hati saat melangkah anak tangga di JPO dan jangan berlari. Berjalanlah di sebelah kiri dan jangan menghalangi orang yang berada di arah sebaliknya maupun orang yang hendak mendahului dari belakang Anda,” tegasnya.

Idealnya memang setiap beberapa meter jalan harus memiliki zebra cross maupun JPO, lanjutnya, namun bagaimana kalau tidak ada keduanya? Carilah tempat yang aman untuk menyebrang dimana Anda bisa melihat lalu lintas dari segala arah dan pengguna jalan lain juga melihat posisi Anda.

Janganlah menyebrang terlalu dekat dengan persimpangan karena posisi kita yang tidak diketahui oleh pengguna jalan dari simpang lain,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro