Ilustrasi./.Fitlista
Fashion

IFI Gelar Fete de la Science

Atiqa Hanum
Rabu, 12 Oktober 2016 - 17:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Institut Prancis di Indonesia (IFI) dan Kedutaan Besar Prancis di Indonesia menggelar Pesta Sains Fête de la Science edisi ke-3 bertema “Makanan dan Kita” di Pusat Peraga IPTEK Taman Mini Indonesia Indah pada 18-29 Oktober 2016.

Konselor Kerja sama dan Kebudayaan Kedubes Prancis/Direktur IFI Marc Piton mengatakan Pesta Sains juga digelar di 8 kota lainnya yakni Surabaya, Malang, Jombang, Makassar, Yogyakarta, Bandung, Denpasar dan Medan.

Dalam konteks internasional yang ditandai dengan kenaikan jumlah penduduk dunia, perubahan iklim dan keinginan untuk mengatasi masalah kesehatan secara lebih baik tidak lupa pangan juga menjadi isu ilmiah yang paling utama.

“Pesta Sains mendorong pertukaran ide antar kedua negara, Indonesia dan Prancis, khususnya terkait isu pola makan, pertanian berkelanjutan, keanekaragaman hayati dan kesehatan masyarakat. Kami mengundang seluruh keluarga Indonesia, pelajar dan mahasiswa serta publik secara umum untuk berpartisipasi dalam rangkaian Pesta Sains!” bebernya dalam siaran pers, Rabu (12/10/2016).

Dia menjelaskan rangkaian acara Pesta Sains 2016 terdiri dari rangkaian seminar, pameran interaktif Bon Appétit (Selamat Makan) persembahan Pusat Budaya Sains Prancis, Cité Nature, pameran Tanaman dan Manusia yang digagas oleh lembaga riset Prancis, CIRAD dan IRD, pemutaran film Demain (Tomorrow) yang menjadi box office dan meraih Cesar Award 2016 sebagai Film Dokumenter Terbaik serta pameran foto Eat It! karya seniman Prancis, Enora Lalet.

“Ada berbagai eksperimen, permainan, aktivitas yang akan mengajak publik untuk mengungkap misteri makanan. Mulai dari pengenalan tentang bermacam-macam kelompok makanan, efeknya bagi tubuh manusia, hingga pertanyaan-pertanyaan seputar kesehatan,” terangnya.

Tidak lupa juga, lanjutnya, akan ada pemutaran film Demain(Tomorrow) pada Jumat, 14 Oktober pukul 19.00 di Auditorium IFI Thamrin dalam rangka membuka Pesta Sains 2016.

Film yang diproduksi pada 2015 oleh Cyril Dion dan Mélanie Laurent ini memenangkan Penghargaan César untuk kategori Film Dokumenter Terbaik 2016 dan telah didistribusikan di 27 negara.

Demain menampilkan berbagai inisiatif di sektor pertanian, energi, ekonomi, demokrasi dan pendidikan yang secara nyata diupayakan di beberapa negara. Inisiatif-inisiatif ini membuktikan bahwa masa depan masih dapat diubah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro