Aneka karpet/alhamdkarpet.com
Health

7 Benda di Sekitar Anda Bikin Sakit Tiroid

JIBI
Kamis, 13 Oktober 2016 - 14:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seringkali, kita tidak menyadari bahwa hal-hal tertentu di sekitar kita dapat membahayakan kesehatan. Nah, apakah Anda juga tahu bahwa beberapa benda yang biasa kita temui di rumah dapat menyebabkan gangguan tiroid?

Kebanyakan orang mengira bahwa tiroid adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh, dan hal itu memang benar adanya. Namun, perlu Anda ketahui juga, ada kebiasaan dan beberapa hal di sekitar kita yang bisa memicu kelainan hormonal dalam tubuh, yang dapat menyebabkan hormon menjadi rusak.

Penyakit tiroid, secara sederhana dapat digambarkan sebagai kerusakan kelenjar tiroid, yang terletak di bagian belakang leher. Berbagai jenis penyakit tiroid diantaranya seperti hipotiroidisme, hipertiroidisme, gondok, tiroiditis dan kanker tiroid.

Berikut ini adalah beberapa benda yang biasa kita jumpai di rumah, yang ternyata dapat menyebabkan penyakit tiroid:

1. Benang gigi
Salah satu penyebab gangguan tiroid adalah penggunaan benang gigi. Benang gigi dilapisi dengan bahan kimia tertentu untuk memudahkan pembersihan gigi. Bahan kimia ini dapat memicu penyakit tiroid.

2. Peralatan memasak anti lengket
Banyak orang menggunakan panci dan wajan anti lengket untuk memasak. Beberapa peralatan memasak anti lengket dilapisi dengan bahan kimia agar memasak jadi lebih mudah. Bahan kimia tersebut dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang bisa memicu gangguan tiroid.

3. Jas hujan
Penyebab tiroid bisa karena jas hujan yang menggunakan bahan kimia dalam proses pembuatannya. Jika bahan kimia itu bersentuhan dengan mulut atau kulit, Anda dapat terkena risiko penyakit tiroid.

4. Kotak pembungkus pizza
Banyak perusahaan menggunakan bahan kimia untuk kotak pembungkus pizza untuk mencegah minyak merembes keluar. Bahan kimia tersebut dapat memicu ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh yang berujung pada gangguan tiroid.

5. Kantung popcorn tahan panas
Kebiasaan yang juga bisa menyebabkan gangguan tiroid adalah menggunakan kantung popcorn tahan panas yang biasa digunakan untuk membuat popcorn dengan microwave. Kantung popcorn ini mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat mempengaruhi kelenjar tiroid.

6. Karpet
Jika karpet Anda mengandung partikel debu dan racun lainnya karena tidak dibersihkan secara teratur, itu bisa menjadi salah satu penyebab penyakit tiroid.

7. Sampo
Jika sampo Anda berisi bahan-bahan kimia yang diawali dengan kata 'perfluoro', hindari menggunakannya karena itu dapat memicu penyakit tiroid.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro