./.
Relationship

BEDAH BUKU: Work Your Passion Beberkan 1001 Jalan Rintis Profesi

Azizah Nur Alfi
Senin, 17 Oktober 2016 - 14:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Jamak terjadi seseorang menekuni profesi sejalan dengan latar belakang ilmu yang dipelajarinya. Namun, tidak sedikit mereka yang sukses meski berbelok dan memilih jalur yang berbeda dari bidang studinya.

Buku berjudul Work Your Passion: Warna-warni Profesi yang Menginspirasi, memberikan gambaran penuh tentang kompleksitas sebuah profesi. Bagaimana profesi itu akhirnya dipilih dan ditekuni, terjawab dalam buku yang disusun selama 9 bulan ini.

Ada 102 narasumber yang bercerita tentang profesi mereka, mulai dari pegawai pemerintah, pegawai BUMN, tenaga pengajar di perguruan tinggi, pengusaha, hingga profesi spesifik lainnya. Beberapa diantaranya CEO PT XL Axiata Dian Siswarini, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif Ricky Yoseph Pesik, dan lain lain. Mereka merupakan alumni ITB 1986 dari 23 jurusan yang telah berkiprah dalam profesinya hampir 20 tahun. Ide buku ini memang lahir dari diskusi para alumni ITB 1986.

Penuturan lengkap dari para profesional ini memberikan gambaran lengkap pada generasi muda tentang dunia kerja. Begitu banyak trial dan error yang dilakukan pencari profesi. Namun, benang merah dari seluruh cerita ini adalah setiap individu akhirnya menemukan tempat dan jenis profesi yang sesuai dengan passion-nya.

Namun, passion dan pengetahuan saja tidak cukup dalam pencapaian karier. Sebab, penuturan sejumlah narasumber membuktikan bekal jejaring, hubungan kuliah semasa kuliah dan berorganisasi, memberikan kontribusi pada pembentukan karakter dalam berkarier.

Pesan yang sama dituturkan Direktur Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dasrul Chaniago, misalnya. Menurutnya, generasi junior tidak hanya menggunakan waktu untuk belajar, tetapi juga untuk berorganisasi. Jika pun memungkinkan mulai belajar berbisnis, sebab IPK yang tinggi belum tentu menjamin karier yang baik.

"Sejak kecil bekerjalah jika memungkinkan. Justru, sejak kecil itulah budaya kerja dan leadership ditumbuhkan," pesannya,

Selain berorganisasi, penting bagi generasi muda untuk menyusun tujuan dan rencana karier, bahkan ketika masih duduk di bangku kuliah. Bahkan sebelum lulus dari ITB, CEO PT XL Axiata Dian Siswarini, sudah bekerja di perusahaan yang juga bergerak di bidang jasa telekonimunikasi dan satelit selama tiga tahun. Posisi terakhirnya saat itu sebagai supervisor divisi engineering.

Dian juga membuat roadmap untuk menjadi direktur selama kurun waktu 15 tahun. “Saat ditanya oleh bagian SDM kamu mau menjadi apa? Saya bilang mau menjadi CEO,” tutur alumni Jurusan Telekomunikasi ITB ini.

Selain kedua nama besar ini, banyak sejumlah nama besar yang menyumbangkan pengalaman berkariernya. Buku ini tepat bagi generasi muda karena memberikan wawasan tentang dunia kerja. Apalagi, penuturan para alumni dilengkapi dengan saran, petunjuk, dan motivasi.

Judul Buku: Work Your Passion: Warna-warni Profesi yang Menginspirasi
Penyunting: Irawati Subrata
Penerbit: Penerbit Mizan
Tebal: 452 halaman
Ukuran: 23,5 cm
Cetakan: I, April 2016
ISBN: 978-979-433-951-0

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro