Shisha/Istimewa
Health

Shisha Lebih Berbahaya dari Rokok, Ini Penjelasannya

Newswire
Selasa, 18 Oktober 2016 - 16:45
Bagikan

Bisnis.com, PADANG - Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang, Sumatera Barat, Feri Mulyani, mengatakan, mengonsumsi rokok dari Arab atau disebut shisha sebenarnya lebih berbahaya dari rokok biasa.

"Malah rokok shisha itu lebih berbahaya dari rokok biasanya karena durasi waktu mengisapnya juga lebih lama," kata dia, saat dihubungi dari Padang, Selasa (18/10/2016).

Dijelaskan, mengonsumsi rokok shisha dengan mengisap asap yang dilewatkan air dan diberi aroma buah-buahan, lalu dihisap lebih lama dari rokok biasa, sehingga nikotin yang masuk dalam paru-paru lebih banyak.

"Shisha memang tidak temasuk narkotika, namun memiliki bahaya tersendiri terhadaap kesehatan seperti paru-paru, jantung dan penyakit lainnya," katanya.

Apalagi, katanya, jika dikonsumsi anak-anak di bawah umur, baik itu perempuan maupun laki-laki.

Menurut dia, mengonsumsi shisha, layaknya mengonsumsi rokok biasa dapat berakibat kecanduan daan hal ini sangat dikhawatirkan sebab shisha saat ini dijual secara gamblang di tenagh-tengah masyarakat setempat.

"Kami tentu akan mengupayakan sosialisasi pada masyarakat, apalaagi rokok shisha tidak dijual dengan mencantumkan larangan penjualan ataau pemberian pada anak di bawah usia 18 tahun seperti rokok biasanya," jelasnya.

Ditambahkan, untuk menjaga anak-anak di daerah itu agar tidak mengonsumsi rokok shisha, sebenanya dapat diterapkan melalui aturan yang sama yakni Peraturan Daerah Kawasan Tanpa Rokok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro