Konferensi pers novel Tentang Kamu karya Tere Liye/Bisnis.com-Azizah Nur Alfi
Fashion

Ini Sinopsis Novel Terbaru Tere Liye

Azizah Nur Alfi
Selasa, 25 Oktober 2016 - 19:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penulis Tere Liye menghadirkan novel terbarunya berjudul Tentang Kamu yang diterbitkan oleh Republika Penerbit, Selasa (25/10/2016). Novel ini baru akan tersedia serempak di toko buku pada Kamis (27/10/2016).

Sambil menunggu novel ini tersedia di toko buku, berikut sinopsis singkat novel Tentang Kamu, seperti disampaikan melalui siaran pers kepada Bisnis.

Kisah dalam novel ini bermula dari Zaman Zulkarnaen, seorang mahasiswa Universitas Oxford yang menjadi junior associate pada sebuah firma hukum ternama di pusat Kota London. Setelah dua tahun bekerja di sana, dia sama sekali tak menyangka akan mendapatkan kasus penyelesaian pembagian warisan yang besarnya dapat menyaingi kekayaan Ratu Inggris.

Bila dapat menyelesaikan kasus ini, partner firmanya menjanjikan kursi lawyer untuk Zaman. Tawaran yang sangat menarik. Tapi, untuk dapat menyelesaikannya, dia harus menghadapi kejutan yang melingkupi sang pemilik warisan.

Kejutan pertama, dengan kekayaan yang mencapai satu miliar poundsterling atau setara dengan Rp19 triliun, sang almarhum yang merupakan warga negara Inggris menghabiskan sisa hidupnya dengan tinggal di panti jompo Kota Paris. Kejutan kedua, sang almarhum bernama Sri Ningsih, adalah seorang perempuan Jawa tulen dari Indonesia, sama dengan Zaman.

Namun, dengan data yang minim mengenai kehidupan Sri Ningsih, Zaman tak memiliki pilihan selain menelusuri jejak wanita itu dari awal kehidupannya. Mulai dari diary Sri Ningsih yang diserahkan petugas panti jompo.

"Titik awal dari investigasi Zaman adalah Pulau Bungin, Sumbawa."

Dalam novel ini, Tere mengisahkan, bahwa sangat sulit bagi Zaman untuk mencari orang yang masih hidup dan mengingat kejadian yang berlangsung pada 1940an, tahun kelahiran Sri Ningsih. Zaman hampir menyerah. Tapi, beruntung ada seorang nelayan tua yang baru saja pulang melaut beberapa minggu, hadir dan menceritakan kehidupan Sri Ningsih.

Dari satu informan ke informan lainnya, dari satu kota ke kota lainnya, Zaman menelusuri kehidupan Sri Ningsih. Sumbawa, Surakarta, Jakarta, London, Paris, dan seluruh dunia tempat Sri Ningsih menghabiskan waktu-waktu terakhirnya. Dengan informasi mengenai ahli waris yang muncul untuk kemudian menghilang lagi, Zaman mempelajari banyak hal tentang klien yang hartanya warisannya luar biasa besar ini.

Hingga akhir hayatnya, Sri tetap dihantui masa lalu menyakitkan yang terus mencoba menorehkan luka di hatinya. Saat Sri Ningsing meninggal, bisa dikatakan bahwa wanita ini telah memenangkan pertarungan, tetapi ternyata masih ada hal yang terus menghantui.

Atas nama seluruh luka yang dimiliki kliennya, Zaman menghadapi masa lalu Sri Ningsih, meski harus berhadapan dengan pilihan hidup atau mati.

Sepsifikasi Buku Tentang Kamu:
Tebal: 530 halaman
Ukuran: 13,5 x 20.5 cm
ISBN: 978-602-8022-34-7
Penerbit: Republika Penerbit
Cetakan: Cet. I, November 2016
Tempat: Jakarta
Cover: Softcover
Berat: 500 gram
Harga: Rp79.000

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro