Konferensi pers buku Tere Liye/Azizah Nur Alfi
Referensi

Tiga Eksperimen Tere Liye di Novel Tentang Kamu

Azizah Nur Alfi
Rabu, 26 Oktober 2016 - 09:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penulis Tere Liye menggunakan beberapa eksperimen baru di novel terbarunya berjudul Tentang Kamu yang baru saja diluncurkan, Selasa (25/10) kemarin. Ada tiga eksperimen yang digunakan dalam novel yang baru tersedia Kamis (27/10) besok.

Melalui keterangan resminya, pada eksperimen pertama, Tere Liye memasukkan puluhan quote-quote dari nasihat lama dalam novelnya. Kedua, novel ini menggunakan dialek setempat.

Hal ini belum pernah dilakukan sebelumnya. Misalnya, pada novel bersetting Aceh pada Hafalan Shalat Delisa, tetap menggunakan gaya bahasa Indonesia. Begitu pula pada novel bersetting Makasar berjudul Rindu, juga tetap menggunakan gaya bahasa formal Indonesia. Di novel ini, penulis mencoba menggunakan dialek setempat, khususnya pada setting cerita Jakarta tahun 1970an ketika Monas sedang dibangun.

"Dan itu tidak mudah. Saya lazimnya lebih fokus pada cerita, pesan cerita, dibanding hal-hal seperti ini," tuturnya.

Ketiga, penulis menggunakan setting luar negeri sebagai pondasi cerita. Dia menggunakan setting London dan Paris dalam novel ini. Hal ini berbeda dengan 25 novel sebelumnya yang telah dirilis, yang menggunakan daerah lokal sebagai lokasi cerita.

"Ini menyesuaikan kebutuhan cerita. Akan sulit membentuk bangunan ceritanya jika tetap berlokasi di dalam negeri," imbuhnya.

Jadi, penasaran dengan cerita novel Tentang Kamu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro