Batik Untuk Pejuang Perempuan Indonesia Melawan Kanker Payudara/Dokumentasi
Fashion

Batik Untuk Pejuang Perempuan Indonesia Melawan Kanker Payudara

Atiqa Hanum
Kamis, 27 Oktober 2016 - 11:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—PT Mundipharma Healthcare Indonesia dan Iwet Ramadhan memberikan Rp100 juta kepada Yayasan Kanker Indonesia (YKI) melalui fashion show bertajuk “I am Still a Woman” dalam pagelaran Jakarta Fashion Week 2017 untuk menginspirasi wanita Indonesia.

Batik Designer & Culture Enterpreneur Iwet Ramadhan mengatakan dirinya bangga dapat menjadi bagian dari sebuah tribute bagi wanita-wanita kuat yang merupakan para pejuang kanker (cancer survivor).

“Saya terjun berkontribusi dalam menciptakan 30 koleksi batik ini karena saya sangat percaya dan mengagumi kekuatan alami yang dimiliki oleh wanita,” ucapnya dalam konferensi persnya

Bertajuk “Sarinah”, lanjutnya, yakni merupakan nama dari sosok wanita kuat dan mandiri yang tidak lain merupakan pengasuh Bung Karno saat beliau kecil. Sebagaimana Sarinah yang telah menginspirasi Bung Karno dalam mengemukakan pemikiran-pemikirannya tentang perempuan Indonesia.

“Saya pun terinspirasi membuat sebuah karya yang merepresentasikan kekuatan perempuan Indonesia khususnya dalam memerangi dan melawan kanker. Suatu karya dari perpaduan berbagai motif rancangan saya,” jelasnya.

Iwet mengambil ide dari daun ginkgo yang merupakan tanaman obat-obatan dengan berbagai khasiat untuk kesehatan, salah satunya sebagai obat pendamping untuk pasien kanker dalam menjalani proses kemoterapi. Motif daun ginkgo ini kemudian dipadukan dengan motif batik klasik yaitu motif batik parang.

“Saya memadukan warna sogan yang klasik dari motif parang dengan warna cerah untuk bunganya yaitu merah, biru dan kuning,” imbuhnya.

Bahannya pun, lanjutnya, menggunakan bahan katun namun ada beberapa bahan yang diambil dari zaman dahulu yang akan dipadupadankan namun terbukti tidak menghilangkan modernisasi. Batik yang terdiri dari cap dan tulis ini disatukan dengan bagian-bagian potongan dari bahan-bahan bermotif tersebut menjadi suatu karya yang unik dan trendi.

“Nanti yang akan memperagakan koleksi saya tidak hanya model professional, namun juga melibatkan para wanita pejuang kanker dan mereka yang peduli dengan kanker seperti Triesna Jero Wacik, Sendy Yusuf, Marcella Zalianty, Rima Melati, Moza Pramita dan Ayu Rosan,” paparnya.

Karya tersebut, tambahnya, dapat Anda dapatkan di studio Iwet Ramadhan dimana juga akan menyumbangkan kepada YKI sebagai bentuk suatu dukungan kepada para wanita pejuang kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro