Relationship

7 Cara Cerdas Berhemat

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 27 Oktober 2016 - 12:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Menabung adalah sifat yang semestinya diajarkan sejak dini, sehingga terbiasa saat dewasa.

Namun, banyak orang yang sulit melakukan kebiasaan menabung karena berbagai hal. Misalnya saja kebutuhan yang tinggi, boros, gaya hidup yang tidak menentu, dan juga karena tidak terbiasa menabung.

Sebenarnya, memulai menabung saat usia dewasa juga bisa dilakukan, asal ada niat yang ingin dilakukan. Berikut beberapa langkah mudah untuk Anda memulai kebiasaan menabung

1. Hindari kartu kredit
Memang menggunakan kartu kredit bisa memanjakan Anda karena kemudahannya. Banyak orang yang dengan mudah menggunakan kartu kredit dan terkejut saat menerima tagihannya di akhir bulan. Menggunakan kartu kredit membuat Anda terpaksa membayar cicilan dan tidak bisa menyimpang uang yang seharusnya dialokasikan untuk menabung.

2. Matikan alat elektronik yang tidak digunakan
Tidak mematikan alat elektronik seperti televisi, gagdet dan lainnya saat tidak digunakan bisa meningkatkan tagihan listrik Anda, padahal tidak Anda gunakan. Karena itu, sebaiknya mulai membiasakan diri untuk hemat energi dan mematikan alat elektronik di rumah Anda yang tidak digunakan atau mencabut kabel charge  gadget Anda saat tidak digunakan.

3. Jual barang tidak terpakai
Salah satu hal terberat dalam hidup adalah melepaskan apa yang Anda miliki, termasuk menjual barang yang Anda punya. Namun jika Anda ingin mulai menabung, cobalah menjual beberapa barang tidak terpakai yang masih layak pakai. Uang hasil penjualan itu bisa dialokasikan untuk menabung bukan?

4. Belanja saat sale
Memilih waktu belanja saat ada sale atau diskon besar-besaran bisa menjadi alternatif untuk menghemat anggaran yang kelebihannya bisa dipakai untuk menabung. Namun jangan tergiur dengan sale besar-besaran yang membuat Anda justru membeli barang yang tidak dibutuhkan.

5. Batalkan sejumlah keanggotaan tidak penting
Banyak ornag yang saat ini menjadi member dari sejumlah komunitas, dimana biasanya membutuhkan pembayaran iuran keanggotaan bulanan. Mulailah memilah komunitas dan kegiatan mana yang benar-benar Anda butuhkan, dan mulailah berhenti dari keanggotaan yang tidak perlu untuk lebih menghemat pengeluaran.

6. Ubah kebiasaan menggunakan ponsel dan internet
Di era teknologi tinggi saat ini, biaya internet orang cenderung tinggi. Mulai dari langganan ponsel bulanan, wifi dengan jumlah gagdet yang lebih dari satu. Aturlah kebutuhan pasti internet bulanan Anda, dan potonglah yang tidak penting.

7. Kurangi makan di luar rumah
Makan di luar rumah membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Jauh lebih mahal daripada jika memasak di rumah, yang lebih murah dan bahkan lebih sehat. Selain biaya makan, makan di luar juga membutuhkan pengeluaran untuk ongkos perjalanan atau bensin mobil Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : timesofindia.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro