Kesehatan gigi dan mulut/Istimewa
Health

RISET UI: Hanya 12,5% Orang Indonesia Peduli Perawatan Gigi

Miftahul Khoer
Jumat, 28 Oktober 2016 - 22:34
Bagikan

Bisnis.com, DEPOK - Wakil Rektor bidang Riset dan Inovasi Universitas Indonesia (UI) Rosari Saleh mengungkapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan gigi masih rendah.

"Penelitian terbaru kami menunjukkan kurang dari 12,5% masyarakat Indonesia yang sudah memeroleh  layanan perawatan gigi secara rutin," paparnya dalam keterangan resmi yang diterima pada Jumat (28/10/2016).

Para peneliti UI, lanjutnya, secara aktif melakukan penelitian untuk menemukan solusi alternatif bagi persoalan  tersebut. 

Beberapa hasil penelitian telah dilakukan oleh peneliti UI terkait upaya peningkatan kesadaran mengenai kesehatan gigi.

Salah satu solusi yang coba dibangun adalah dengan mendorong perubahan perilaku dalam hal kebiasaaan menggosok gigi pada anak. 

"Menurut survei, hanya 7,3% anak yang menggosok gigi secara benar. Kebiasaan tersebut tentunya berimbas pada kesehatan gigi mereka."

Menurutnya, dengan menggunakan alat bantu Kartu Menuju Gigi Sehat (KMGS) dan melibatkan orang tua, para peneliti UI berhasil memperbaiki kebiasaan menggosok gigi di kalangan anak. 

Untuk jangka panjang, sambung dia, kebiasaan baru tersebut akan menjaga kualitas kesehatan gigi anak.

Dia menjelaskan penelitian tersebut merupakan satu dari puluhan hasil penelitian yang dipresentasikan dalam The International Workshop on Dental Research (IWDR) yang diselenggarakan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UI  pada Jumat (28/10/2016).

Acara tersebut didukung oleh Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) UI dan bertujuan meningkatkan publikasi penelitian yang dilakukan oleh fakultas dan membangun jaringan riset.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Miftahul Khoer
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro