Jd.id/istimewa
Fashion

Maskot JD.ID Hasil Karya Illustrator Madiun

Azizah Nur Alfi
Jumat, 28 Oktober 2016 - 08:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - JD.ID, perusahaan e-dagang yang terafiliasi dengan JD.com memperkenalkan maskot terbarunya, JOY. Maskot dalam wujud kuda putih berkalung merah ini merupakan hasil karya illustrator asal Madiun, Roni Ertanto. 

Roni Ertanto ikut serta dalam kompetisi logo yang diselenggarakan JD.ID pada 29 April 2016 – 19 Juni 2016 lalu. Dia berhasil menyisihkan 350 karya yang masuk. 

Dari hasil karyanya ini, dia berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 20.000.000, perangkat Wacom Lintiq 13 HD 13.3”, serta voucher belanja JD.ID senilai Rp 1.000.000.

Roni yang berusia 33 tahun ini, bekerja sebagai freelance illustrator. Saat ini, dia sedang fokus pada pembuatan aset game 2 dimensi dengan perusahaan di luar negeri. Selain itu, dia juga memiliki beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan brand identity, seperti logo dan maskot.

Sebelum memenangkan kontes maskot JD.ID, Roni pernah memenangkan kontes maskot yang diadakan oleh Western Digital Technologies dan Media Freak Singapore.
 
Bagaimana ide membuat maskot JD.ID? Roni terlebih dahulu melakukan riset. Dia menyesuaikan dengan maskot JD.com yang ada di China berupa hewan anjing. Menurutnya, kedua maskot JD.ID dan JD.com harus dapat menjadi satu kesatuan yang memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lain. Jika hewan anjing melambangkan loyalitas dan persahabatan, maka hewan kuda dia anggap melambangkan kekuatan. 

"Jika kedua maskot ini dijadikan satu, maka akan terlihat seperti saudara," tuturnya melalui siaran pers, Kamis (27/10). 
 
Head of Corporate Communication & Public Affairs JD.ID, Teddy Arifianto, mengatakan JOY diharapkan dapat menjadi identitas perusahaan serta mencerminkan layanan JD.ID yang berorientasi pada pelanggan.

Adapun pemenang favorit yang dipilih berdasarkan pilihan terbanyak di Instagram JD.ID adalah karya Tri Irawan. Melalui maskot berupa sosok tokoh karakter kartun laki-laki bertopi, Tri berhasil membawa pulang perangkat Wacom Intuos Pro Small 4x6.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro