Sakit tenggorokan/Istimewa
Health

Begini Cara Mencegah Sakit Tenggorokan

Rezza Aji Pratama
Selasa, 1 November 2016 - 18:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk mencegah sakit tenggorokan akibat kontaminasi bakteri dan virus, masyarakat disarankan untuk menjaga kesehatan daerah tenggerokan dengan berkumur menggunakan cairan antiseptik.

Ketua Divisi Laring Faring Departemen THT FKUI/RSCM Syahrial M.Hutauruk mengatakan, sekitar 85% dari sakit tenggorok disebabkan oleh kontaminasi bakteri dan virus.

Pada kebanyakan kasus, virus dan bakteri ini juga merupakan penyebab dari dideritanya influenza. Oleh karena itu, ketika gangguan tenggorok sudah mulai terasa, masyarakat dianjurkan menjaga kesehatan daerah tenggorok dengan berkumur dan gargle dengan benar menggunakan cairan kumur antiseptik.

Cara berkumur yang benar adalah pada bagian rongga mulut sampai tenggorok selama 30 detik untuk bisa mengurangi persebaran bakteri dan virus secara efektif,” ujarnya, Selasa (1/11/2016).

Syarial menuturkan, sebelum mengalami sakit tenggorokan, tubuh biasanya merespons dengan memunculkan beberapa gejala seperti gatal atau terasa bengkak pada tenggerokan.

Gangguan pada tenggorok ini umum diderita oleh masyarakat dan dapat disebabkan oleh berbagai alasan seperti alergi, gejala influenza, dan asap rokok serta virus dan bakteri penyebab radang tenggorok. 

Syahrial menuturkan, dari rasa tidak nyaman, gangguan ini dapat berkembang cepat menjadi rasa sakit hanya dalam 2-3 hari saja. Padahal, sakit tenggorok sebenanya dapat dicegah dengan berkumur dan melakukan gargle (berkumur sampai rongga tenggorok) menggunakan cairan kumur yang mengandung povidone-iodine. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro