Angka pada timbangan badan jadi indikator bagi seseorang menentukan obesitas/Istimewa
Health

7 Jenis Kanker yang Mengancam Pengidap Obesitas

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 8 November 2016 - 13:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Sebagian besar dari kita akan menyadari fakta bahwa obesitas atau kelebihan berat badan dapat menyebabkan sejumlah komplikasi kesehatan.

Namun, apakah Anda tahu bahwa kelebihan berat badan dapat menyebabkan kanker jenis tertentu juga? Ya, sebuah penelitian baru-baru ini telah menyimpulkan bahwa jenis kanker tertentu lebih mungkin untuk mempengaruhi orang-orang yang kelebihan berat badan jika dibandingkan dengan orang-orang yang mempertahankan berat badan yang sehat.

Seperti kita ketahui, obesitas atau kelebihan berat badan sebenarnya dianggap sebagai gangguan berkaitan dengan gaya hidup, karena dapat menimbulkan berbagai penyakit lainnya.

Seseorang dikatakan kelebihan berat badan saat / tubuhnya rasio indeks massa nya (BMI) di atas nilai normal. Beberapa penyebab utama untuk kelebihan berat badan mengikuti diet yang tidak sehat, kurang olahraga, ketidakseimbangan hormon, efek samping dari penyakit tertentu, faktor keturunan, dll
Dan selama bertahun-tahun, telah menjadi sangat jelas bahwa orang-orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan lebih rentan terhadap berbagai gangguan seperti penyakit kardiovaskular, nyeri tubuh, depresi, dll, termasuk kanker!

Berikut adalah daftar jenis kanker yang lebih mungkin terjadi pada orang obesitas:

1. Kanker Lambung
Kelebihan berat badan menyebabkan membuat orang lebih rentan terhadap kanker perut karena kelebihan lemak tubuh dapat menyebabkan peradangan kronis pada saluran pencernaan, akhirnya menyebabkan kanker perut.

2. Kanker Hati
Obesitas juga dapat menjadi salah satu penyebab kanker hati karena ketika lemak dalam meningkatkan hati, dapat menyebabkan sirosis hati.

3. Kanker kandung kemih
Sebuah studi telah menunjukkan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko mengembangkan batu empedu, dan ketika ada beberapa batu empedu di kandung empedu, dapat meningkatkan risiko mengembangkan kanker kandung kemih gal .

4. Kanker Pankreas
Kelebihan berat badan dapat menyebabkan kanker pankreas karena kelebihan lemak dalam tubuh dapat membuat ketidakseimbangan dalam produksi insulin di pankreas, yang mengarah ke kanker.

5. Kanker ovarium
Salah satu efek samping dari kelebihan berat badan adalah kelebihan produksi estrogen dalam tubuh, sehingga ketika tingkat estrogen yang tinggi, bisa menyebabkan kanker ovarium.

6. Kanker Tiroid
Kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan kanker tiroid, sebagai akumulasi lemak yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan hormon tiroid untuk rusak, sehingga mengakibatkan kanker tiroid.

7. Kanker Payudara
Sekali lagi, deposito kelebihan jaringan lemak dalam tubuh dapat menyebabkan multiplikasi sel abnormal pada payudara, sehingga menyebabkan kanker payudara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro