Buku karya penulis Indonesia/Antara
Fashion

APRESIASI SASTRA: Anak-anak Ini Unjuk Kebolehan di Bidang Sastra

Dika Irawan
Kamis, 10 November 2016 - 13:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah siswa sekolah dasar dari berbagai wilayah di Indonesia berhasil memenangi lomba pada kegiatan Apresiasi Sastra Siswa Sekolah Dasar 2016. Mereka menunjukkan kebolehannya dalam menulis cerpen, pantun, syair, dan dongeng. 

Mengusung tema "Dengan Karya Kreatif, Ciptakan Indonesia yang Cinta Damai", kegiatan yang sudah berlangsung untuk kelima kalinya ini diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama PT. Mizan Publishing. 

Hamid Muhammad, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan kegiatan menulis harus ditumbuhkan sejak masa anak-anak. Sebab menulis merupakan inti dari kegiatan pembelajaran. Di samping itu kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan daya literasi generasi muda. 

"Apresiasi sastra ini bagian dari literasi. Pesan saya kepada adik-adik agar mempertahankan prestasi ini. Entah nanti menjadi dokter atau insinyur, menulis merupakan hal penting," ujarnya saat memberikan sambutan di Kemdikbud, Jakarta, Kamis (10/11/2016). 

Dalam kesempatan yang sama CEO PT. Mizan Publishing Sari Meutia mengatakan pihaknya konsisten untuk memberikan wadah dan membina bagi anak-anak yang memiliki minat terhadap dunia sastara. Menurut dia tak sedikit pihaknya telah menerbitkan buku-buku karya penulis cilik. 

"Semoga ke depan pemerintah dapat mendukung acara apresiasi sastra seperti ini," ujarnya.

Dimulai sejak September, terpilih sebanyak 165 naskah dari 28 provinsi. Dari jumlah tersebut kemudian dikerucutkan untuk ditentukan para juaranya satu, dua, dan tiga serta harapan satu, dua, dan tiga. 

Keluar sebagai juara pertama pada kategori penulis cerpen pemula, Surah Suminar dari SD Muhammadiyah Condongcatur, Kabupaten Sleman. Kategori menulis cerpen penulis, juara pertama diraih Amarylisse Magnafizia Cesare Granz, SD Muhammadiyah 1 Alternatif Magelang. Cipta pantun, juara pertama diraih Elora Maulina, SD Islam Al-Falah Kota Jambi. Cipta Syair, juara pertama Restu Anisa Maryam, SDN Rancamaya Kab. Banyumas, Jawa Tengah. Kategori mendongeng, Tamara Salsabila Janatia, SD Al-Firdaus Surakarta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro