Jalan kaki sehat/Istimewa
Fashion

Kemenkes Luncurkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Rezza Aji Pratama
Kamis, 10 November 2016 - 14:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan meluncurkan program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

Menteri Kesehatan Nila F. Moelok mengatakan dalam 30 tahun terakhir terjadi perubahan dalam pola penyakit terkait dengan perilaku manusia. Pada era 1990-an penyebab terbesar sakit dan kematian adalah penyakit menular seperti infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), tuberculosis, atau diare. Namun, saat ini penyebab kematian bergeser menjadi penyakit tidak menular seperti jantung, darah tinggi, stroke, jantung, kanker, dan kencing manis.

"Germas merupakan tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup," ujarnya, Kamis (10/11).

Nila mengatakan mempraktekkan gaya hidup sehat bisa diimplementasikan melalui 7 kegiatan utama. Mulai dari beraktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban untuk buang air besar. 

Nila menambahkan saat ini masalah utama di bidang kesehatan adalah soal pola pikir. Dengan keberagaman yang ada di masyarakat, bukan hal yang mudah mempopulerkan gaya hidup sehat.

Guna mempopulerkan program ini, Kementerian Kesehatan akan menjalin kerjasama dengan lintas kementerian. "Dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan misalnya kami ingin mengaktifkan lagi unit kesehatan siswa," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro