Kopi/wikipedia
Health

Tips Minum Kopi yang Baik Untuk Tubuh

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 15 November 2016 - 10:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Minum kopi bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh manusia. Pasalnya, mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat memicu beragam penyakit.

Hal tersebut, membuat banyak orang khawatir dengan kecanduan kopi atau minum kopi lagi meskipun hidupnya seperti tidak bisa lepas dari hal tersebut.

Namun, sebenarnya minum kopi bukanlah hal yang buruk sama sekali, asalkan Anda meminumnya dengan cara yang benar. Jika diminum dengan cara yang ideal, kopi ternyata bisa baik untuk kesehatan loh.

Berikut adalah 10 cara minum kopi yang bisa memberikan dampak positif untuk tubuh Anda:

1. Jangan minum kopi sebelum pukul 10 pagi
Penelitian menunjukkan bahwa orang merasa cukup waspada untuk satu jam pertama atau dua jam setelah bangun tidut, karena kadar kortison tinggi dalam tubuh. Anda perlu kopi ketika Anda mencapai kantor karena saat itu tingkat kortison Anda drop.

2. Beri jeda waktu minum kopi
Para peneliti mengungkapkan kurangi dosisi konsumsi kafein dari kopi Anda, dengan membatasi atau memberi jeda waktu minum yang cukup lama. Misalnya pagi hari Anda telah minum, maka saat siang kurangi volumenya. Atau minum saat sore hari.

3. Jangan minum kopi dengan makanan Anda
Hindari minum kopi setelah makan siang, ketika Anda merasa mengantuk. Hindari kopi setelah makan malam. Hal ini mungkin sulit dilakukan, namun ini akan bisa merusak pola tidur Anda.

5. Minum kopi sebelum tidur siang
Di sisi lain minum kopi sebelum tidur siang dapat menjadi hal terbaik untuk dilakukan. Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi sebelum tidur siang dapat memberikan produktivitas yang lebih baik setelah bangun.

5. Minum segelas air putih setelah ngopi
Setiap mengonsumsi minuman berkafein Anda harus menyeimbangkannya dengan minum segelas air. Kopi memiliki sifat diuretik. Yang pada dasarnya berarti Anda buang air kecil lebih sering dan kehilangan lebih banyak air dari tubuh. Anda perlu minum air untuk menghindari dehidrasi

6. Tahu berapa banyak kafein yang Anda konsumsi
Tahu berapa banyak kafein yang Anda konsumsi. Sekitar 400 mg kafein per hari dianggap aman untuk orang dewasa. Lebih dari ini dapat menyebabkan iritabilitas, sakit perut dan insomnia.

7. Minum secangkir kecil kopi setelah belajar meningkatkan memori
Minum secangkir kecil kopi setelah belajar meningkatkan memori. Jadi jika Anda baru saja menghadiri pertemuan atau belajar, minumlah kopi dulu sebelum Anda mulai membuat daftar to-do atau mempelajari kembali apa yang baru saja Anda dapatkan

8. Minum kopi sebelum olahraga
Ahli gizi Anda mungkin tidak setuju tapi kopi sebelum olahraga dapat benar-benar bekerja untuk membuat Anda lebih termotivasi untuk berolahraga, kafein juga meningkatkan daya tahan Anda dengan menggunakan lemak sebagai bahan bakar.

9. Mengatur bagaimana Anda meminumnya
Tapi manfaat nyata dari kopi adalah bagaimana Anda meminumnya. Menambahkan susu dan gula adalah hal yang harus dihindari. Sebaliknya, minum kopi hitam atau kopi dengan nabati aditif susu, seperti susu almond, susu kedelai atau susu kelapa.

10. Hindari pencampuran susu dan pemanis buatan
Hindari susu pengganti dan pemanis buatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : timesofindia.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro