Ilustrasi/Webmd
Health

Asupan Buah dan Sayur Sangat Penting Untuk Anak

Atiqa Hanum
Jumat, 18 November 2016 - 06:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Orang tua kadang bingung bagaimana membuat buah hatinya mudah mengonsumsi sayur maupun buah. Kebiasaan makan sayur dan buah seharusnya dibiasakan sejak dini yakni dengan peran orang tua dalam memberikan contoh pola makan sehat.

Psikolog keluarga Ayoe Sutomo menjelaskan untuk mengenalkan sayuran dan buah pada anak memang tantangan yang tidak mudah. Kebanyakan anak merupakan picky eater (pemilih makanan), dimana mereka tidak suka makan sayur dan buah karena biasanya tidak dikenalkan atau tidak dibiasakan sejak dini.

“Bisa juga karena orangtuanya sendiri juga tidak suka makan atau mereka tidak memahami pentingnya sayur dan buah. Bagi anak, rasa makanan sebenarnya sama saja. Jika dibiasakan sejak awal maka akan terbentuk dalam pikiran anak bahwa buah dan sayuran itu enak,” jelas Ayoe dalam acara “Ngobrol Bareng Sahabat” di Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Dia menambahkan kadang ada orangtua yang beralasan repot menyiapkan makanan dengan harus mengolah sayur dan buah. Bahkan ada anak yang trauma makan sayur dan buah karena cara memberikannya dipaksa.

“Jika sudah pada kasus seperti ini maka akan terbawa seumur hidup dan harus diterapi. Untuk anak-anak berkebutuhan khusus kadang memang terjadi gangguan sensor di lidah sehingga mereka tidak dapat mengonsumsi buah dan sayur yang keras,” bebernya.

Ayoe memberikan tips untuk para orangtua dengan cara mengenalkan sayur dan buah sejak dalam kandungan. Biasakan makan menu sayur dan buah atau dengan memberikan contoh saat makan bersama. Dia menegaskan ibu adalah decision maker (pembuat keputusan) di rumah sehingga berkuasa menyiapkan makanan sehat.

“Memang bagi orang yang sibuk tidak harus selalu menyiapkan hidangan sayuran di rumah, tetapi dalam setiap kesempatan makan di luar rumah pun selalu disertakan sayur dan buah,” jelasnya.

Untuk menarik minat si Kecil, lanjutnya, orangtua dapat mengkreasikan sayur dan buah dengan menu-menu yang enak dan menarik. Jangan lupa untuk selalu menekankan pentingnya buah dan sayur untuk kesehatan pada anak. Untuk anak yang terlanjur tidak suka buah dan sayur makan prinsipnya adalah tidak memaksa.

“Kenalkan sekarang namun secara perlahan-lahan atau dikombinasikan dengan makanan lain, dalam jumlah sedikit demi sedikit. Makan bersama menjadi kesempatan yang sangat baik untuk mendidik dan mengenalkan makanan sehat untuk anak,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro