Ilustrasi/Dailymail
Health

Waspadalah, Obesitas Picu Penyakit Kronis

Atiqa Hanum
Jumat, 18 November 2016 - 09:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Stroke, gagal jantung dan pecahnya pembuluh darah hingga diabetes termasuk dalam kategori penyakit kronis yang timbulnya secara perlahan. Tahukah Anda bahwa penyakit-penyakit kronis itu menyebabkan kecacatan (gangguan fungsi tubuh) hingga kematian.

Dokter Spesial Gizi Klinik Stella Bella mengungkapkan penyakit kronis bisa disebabkan gaya hidup tidak sehat salah satunya obesitas dimana merupakan fenomena dunia modern.

Di Indonesia, lanjutnya, kasus obesitas tahun 2013 mencapai 17,7% atau naik dari 13,9% sejak 2007. Pada perempuan, kasus obesitas di tahun 2007 baru 14% namun di tahun 2013 mencapai 32%.

“Obesitas adalah awal dari munculnya berbagai penyakit kronik, terutama obesitas sentral (lemak perut) menyebabkan inflamasi dan mengganggu sensitivitas insulin dan berakhir pada diabetes,” jelasnya dalam acara “Ngobrol Bareng Sahabat” di Jakarta, Rabu (16/11/2016).

Dia menambahkan lemak viseral atau lemak perut adalah sumber inflamasi dan memicu berbagai masalah kesehatan dan penyakit kronis. Selain penyakit jantung dan diabetes, penyakit kronis lain yang disebabkan obesitas di antaranya sleep apnea, sakit pinggul, GERD (asam lambung naik), hipertensi, nyeri lutut atau osteoarthritis dan sebagainya.
“Obesitas dapat dicegah dengan hidup sehat. Caranya dengan makan
sehat, cukup minum air, mengurangi stress dan olahraga cukup,”
tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro