NINA-A-MOELOEK
Health

Kementerian Kesehatan Raih Penghargaan Pembina Layanan BLU Terbaik 2016

Nindya Aldila
Rabu, 23 November 2016 - 03:27
Bagikan

Bisnis.com JAKARTA -- Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek menerima penghargaan Pembina Layanan Umum Terbaik pada 2016 dari Presiden Joko Widodo yang dianggap pelopor penerapan pengelolaan Badan Layanan Umum dan tata kelola yang baik.

Penghargaan ini diberikan kepada sejumlah Kementerian Pembina Teknis Badan Layanan Umum (BLU) yang menjadi pelopor penerapan pengelolaan keuangan dan pendorong tata kelola BLU yang baik, pendorong kemandirian BLU dan penyedian layanan dengan akses terjangkau masyarakat luas.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan BLU merupakan contoh konkrit instansi pemerintah yang pengelolaannya berbasis kinerja dengan meningkatkan sisi akuntanbilitas dan seluruh pendapatan dan pengeluaran BLU tercatat pada anggaran pemerintah.

Dalam hal ini Kementerian Kesehatan berhak menerima penghargaan karena merupakan pelopor penerapan pengelolaan BLU dan tata kelola yang baik.

“Kemenkes telah menjadi pionir-pionir penerapan BLU atas 13 Perjan sejak 2005. Dan saat ini telah mengelola sebanyak 53 BLU dan menunjukkan kinerja yang rata-rata membaik dengan kualitas pelayanan yang makin menggembirakan”, ujarnya di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/11).

Sri Mulyani juga mengapresiasi Kementerian Kesehatan karena menekankan pentingnya tata kelola BLU yang baik dan kepatuhan pada ketentuan perundang-undangan namun tetap berorientasi pada pelayanan.

Dalam hal ini berkoordinasi dengan Kemenkeu sehingga didapati BLU rumah sakit yang menekankan pada kualitas layanan dengan pengelolaan keuangan yang baik.

Dua kementerian lainnya yang mencapatkan Penghargaan Pembina Layanan BLU 2016 antara lain, Kementerian Agama sebagai pendorong penyedia layanan BLU dengan akses yang  terjangkau dan Kementerian Perhubungan sebagai pendorong kemandirian BLU.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro