Anak-anak bermain gadget/Istimewa
Health

Ini Dampak Anak Kecanduan Gadget

Atiqa Hanum
Kamis, 24 November 2016 - 21:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Tahukah Anda dampak yang akan dialami seorang anak ketika kecilnya sudah kecanduan gadget? Hal tersebut ternyata akan berpengaruh hingga mereka besar dan tidak siap menjalani lika-liku kehidupan.

Psikolog keluarga Astrid WEN mengatakan dampaknya di masa depan adalah ada pada masalah kontrol diri seperti adanya risiko anak memiliki sifat narsistik.

Walaupun baik dengan anak yang paham gadget akan lebih cepat sadar akan ekspresi wajah namun kadang orangtua suka memaksakan anak harus menunjukkan wajah tersenyum saat selfie sehingga dipaksakan.

Seharusnya anak-anak dibiarkan memiliki ekspresi natural,” bebernya dalam acara Ngobrol Bareng Santai (Ngobras) di Cassis Kitchen, Jakarta, Kamis (24/11/2016).

Dia menegaskan dampak yang lebih jauh adalah kemampuan bersosialisasi yang kurang terasah sehingga mereka kesulitan berteman, merasa kesepian bahkan berisiko mengalami depresi dan gangguan kecemasan.

Pada akhirnya anak tidak tumbuh menjadi orang-orang yang dapat merefleksikan dan mengekspresikan diri,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, tanda-tanda anak sudah berlebihan menggunakan gadget yang mengarah pada kecanduan diantaranya lupa waktu, anak mudah marah saat permainannya diinterupsi, pekerjaan rumahnya terbengkalai atau tidak selesai.

Hingga yang terparah menarik diri dari lingkungan dan sering bermain gadget dengan cara secara sembunyi-sembunyi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro