Supermoon/NASA
Fashion

Hobi Menarik Amati Langit

Azizah Nur Alfi
Sabtu, 26 November 2016 - 21:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mengamati benda-benda langit ternyata menjadi hobi yang menarik bagi sebagian orang. Mereka rela berburu ke beberapa daerah hingga menunggu berjam-jam agar dapat menangkap peristiwa alam itu.  Ada rasa puas ketika mampu mengabadikan fenomena benda-benda langit yang jarang terjadi dalam lembaran foto.

Hal serupa juga dirasakan Mila Izzatul Ikhsanti yang memiliki hobi memburu benda-benda langit. Mahasiswi Jurusan Fisika Fakultas MIPA UI angkatan 2012 itu, tak pernah melewatkan setiap fenomena benda-benda langit.

Dia sukses mengabadikan fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) pada Maret kemarin dan Supermoon pada November ini, melalui kameranya. Gambar-gambar ini dapat ditemui di akun instagram Mila Izzatul. 

Mila juga telah menyusun rencana sejak dini untuk menyaksikan Gerhana Matahari Cincin pada 2019 di Riau.

Mila yang menekuni hobi ini sejak duduk di bangku SMA, 2010 silam, menuturkan banyak manfaat yang diperoleh dari hobi ini. Selain mengetahui lebih banyak tentang alam semesta dan fenomenanya, juga dapat meluruskan hoax yang kerap beredar melalui media sosial. 

"Misalnya, ketika supermoon kemarin, banyak informasi yang tersebar bahwa fenomena ini akan menimbulkan bencana besar. Jika orang awam, maka mereka percaya saja. Namun, karena saya sudah tahu maka saya jelaskan ke keluarga tentang fenomena apa yang terjadi dari supermoon ini," tuturnya.

Sekertaris Himpunan Astronomi Amatir Jakarta, Ronni Syamara, mengatakan mengetahui tentang astronomi bermanfaat dalam kegiatan keseharian. "Kita bisa mengetahui bagaimana mencari arah mata angin, menentukan waktu sholat, mencari arah kiblat, dan mengetahui musim, dari metode yang paling sederhana. Ini dapat dilakukan dengan kita belajar astronomi," imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro