Mengamati benda langit. /Antara
Fashion

Hobi Mengamati Langit? Ayo, Gabung Komunitas Ini

Azizah Nur Alfi
Sabtu, 26 November 2016 - 21:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mengamati benda-benda langit menjadi kegiatan yang mengasyikan bagi sebagian orang. Bahkan, telah ada komunitas yang mewadahi para pehobi aktivitas yang dilakukan malam hari itu, salah satunya Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ).

HAAJ menjadi wadah bagi para pengamat benda-benda langit amatir untuk bereksplorasi. Anggotanya datang dari beragam profesi, pendidikan, dan usia, mulai dari pelajar, mahasiswa, pendidik, hingga dokter.

Bagi para pemula, komunitas ini juga menyelenggarakan kelas secara rutin untuk berdiskusi dan belajar tentang astronomi tanpa dipungut biaya. Selain di dalam kelas, HAAJ juga mengajak anggotanya melakukan pengamatan langsung benda-benda langit.

Melalui komunitas ini, HAAJ berharap dapat menyebarkan pengetahuan tentang astronomi ke masyarakat, membumikan ilmu astronomi sehingga lebih mudah dipahami, serta mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap astronomi.

Sekretaris Himpunan Astronomi Amatir Jakarta Ronni Syamara menyebut HAAJ rutin menyelenggarakan diskusi dan ceramah astronomi setiap dua pekan sekali pada Sabtu (26/11/2016). 

Selain itu, HAAJ juga menyelenggarakan Star Party atau Kemah Bintang yang diselenggarakan tiga bulan sekali, yakni pada Maret, April, September, dan Desember.

Kegiatan Kemah Bintang mengajak para anggota HAAJ mengeksplorasi materi yang telah didapat dengan melakukan pengamatan benda-benda langit. HAAJ akan membawa anggotanya ke suatu tempat dan melakukan pengamatan menggunakan teleskop.

Selain pengamatan, para anggota juga diajarkan tentang astrofotografi meliputi teknik pengambilan gambar, teknik pengolahan gambar, dan memilih objek langit.

Pada saat terjadi fenomena astronomi, HAAJ juga menyelenggarakan workshop untuk persiapan mengabadikan momentum tersebut. "Misalnya, pada Gerhana Matahari Total pada Maret, kami menggelar workshop tiga pekan sebelum hari H. Workshop ini untuk mengetahui trik mengamati dan mengabadikan fenomena tersebut," tuturnya.

Kegiatan Kemah Bintang seringkali di lakukan di luar Jakarta. Sebab, Jakarta dengan tingkat polusi yang tinggi, baik polusi udara, cahaya, kurang tepat digunakan sebagai lokasi pengamatan. Berbagai polusi itu akan mempengaruhi hasil pengamatan, sehingga perlu ke lokasi yang gelap dan terbuka. "Kami sering melakukannya di Puncak Bogor, Pulau Seribu, Bandung," imbuhnya.

Ronni menyebut di Indonesia, tempat yang bagus untuk pengamatan berada di Indonesia Timur seperti NTB, NTT. Syarat lokasi yang baik untuk pengamatan adalah wilayah dengan tingkat kelembapan rendah dan langit yang masih gelap.

Saat ini jumlah anggota aktif HAAJ ada 80 orang. Dalam beberapa kegiatan bisa dihadiri hingga 100 orang. Mereka datang dari beragam profesi pendidikan, dan usia. Usianya mulai dari 17 tahun - 30 tahun, dari pelajar hingga dokter.

Jika Anda tertarik bergabung dengan komunitas ini, caranya tidak terlalu sulit. Cukup mengikuti kegiatannya secara rutin dan mengisi formulir. "Setiap anggota akan terseleksi dengan sendirinya, mana yang serius dan tertarik pada astronomi, dan siapa yang hanya sekadar ikut," imbuh Ronni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro