Ilustrasi/meioambienterio.com
Health

Cara Mencegah Lansia dari Kepikunan

Nurudin Abdullah
Kamis, 1 Desember 2016 - 17:55
Bagikan

Bisnis.com, TANGSEL - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berusaha mencegah penyakin pikun atau alzheimer di lingkungan warga yang sudah memasuki lanjut usia.

Toni Kusdianto, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tangsel, mengatakan upaya mencegah penyakit alzheimer antara lain dilakukan dengan menggelar kegiatan seminar dan senam bersama.

“Kegiatan seminar dan senam bersama diikuti 100 peserta dari perwakilan Lansia Pos bindu se-Kota Tangsel, untuk memperkenalkan upaya mencegah dan menangani alzhaimer,” katanya, Kamis (1/12/2016).

Menurutnya, beberapa faktor penyebab kepikunan adalah  faktor usia, gaya hidup, kurang olah raga dan stres. Untuk mencegahnya, masyarakat yang berusia di atas 65 tahun sebaiknya ttahu cara menangani penyakit alzheimer.

Adapun cara mencegahnya, imbuh dia, antara lain dengan banyak beraktivitas, olah raga secara rutin, serta mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

Dia melalui situs resminya juga menjelaskan gejala penyakit alzheimer bisa dilihat dari 10 tanda-tanda, di antaranya sering lupa, sulit fokus, sulit melakukan aktivitas, dan sulit melakukan kegiatan yang familiar.

Tanda lainnya, disorientasi, bingung akan waktu, kesulitan memahami visuospasial, sulit membaca, mengalami gangguan berkomunikasi, menaruh barang tidak pada tempatnya, salah membuat keputusan dan menarik diri dari pergaulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro