Museum Nasional/wikipedia
Show

Museum Nasional Gelar Pameran Storyline

Dika Irawan
Kamis, 1 Desember 2016 - 16:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Museum Nasional membuka Pameran Storyline Museum Nasional Baru, Kamis (1/12/2016). Pameran ini akan menjadi uji coba publik terhadap alur kisah Museum Nasional yang baru nantinya. Alur Kisah ini berlandaskan pada konsep keindonesiaan seutuhnya.

Kebudayaan Indonesia disajikan segi tangible maupun intangible-nya; baik itu Kebudayaan Agraris, Kebudayaan Bahari, Kebudayaan Sungai, maupun Kebudayaan Hutan dan Pegunungan; dari ujung Papua sampai ujung Sumatra. Tak sekadar informatif, tetapi juga sebagai upaya memaknai keindonesiaan.

Alur kisah yang baru diharapkan dapat lebih menghidupkan kisah di balik artefak, agar bisa menjadi jendela atau pintu masuk untuk memperkenalkan identitas bangsa Indonesia. Berbagai identitas yang dimiliki oleh seseorang atau kelompok (identitas gender, etnis, bahasa, sosial, nasional, ras, keagamaan, dan regional) dapat menyadarkan, memberikan kebanggaan, dan menjadi bagian dari bangsa Indonesia.

Koleksi-koleksi Museum Nasional menjadi pesan dan sumber informasi yang menggambarkan bentuk-bentuk kebudayaan Indonesia dari zaman ke zaman, serta menggambarkan proses-proses yang menjadikan Indonesia seperti sekarang.

Berbasis tema Pendidikan Kebudayaan Indonesia, rencana Alur Kisah Museum Nasional Indonesia akan terbagi menjadi tiga sub-tema: Menjadi Indonesia, Pusaka Nusantara, dan Lestari Indonesia. Penyusunan Alur Kisah ini juga disesuaikan dengan perubahan tata-ruang dan alur pengunjung, sesuai rencana perubahan pintu masuk pengunjung.

Pameran Storyline Museum Nasional Baru, yang diselenggarakan pada 1 – 22 Desember 2016, diharapkan bisa memberikan cuplikan gambaran perjalanan panjang dan warisan sejarah kebudayaan bangsa Indonesia dalam proses pembentukan identitas tersebut. Pada akhirnya, warisan budaya inilah yang menjadi sumber kekayaan dan kekuatan budaya bangsa yang dapat dikembangkan bagi kepentingan generasi sekarang dan generasi mendatang.

Setelah mengalami dua kali pemindahan lokasi sejak pada tahun 1811 dan 1862, serta penambahan Gedung B yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2007, Museum Nasional kini melakukan revitalisasi museum yang dalam prosesnya nanti akan menutup Gedung A selama 1,5 tahun, menambah gedung baru (Gedung C) yang sedang dalam taraf pembangunan, dan memperbarui seluruh storyline atau alur kisah museum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro