Ilustrasi
Health

Terlalu Banyak Minum Air Juga Bisa Membahayakan Kesehatan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 5 Desember 2016 - 11:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memberitahu orang-orang untuk 'minum banyak cairan' ketika tidak enak badan bisa berbahaya, demikian menurut penelitian dokter.

Para ahli di Rumah Sakit King College di London selatan mempertanyakan rekomendasi mengonsumsi banyak air minum, setelah mengobati seorang wanita berusia 59 tahun yang minum begitu banyak air dan sakitnya menjadi lebih parah.

Wanita, yang tidak disebutkan namanya itu,  mengalami overdosis air setelah didiagnosa mengalami gejala-gejala dari infeksi saluran kemih.

Perempuan itu, disebutkan meminum setengah pint air setiap 30 menit dengan tujuan membersihkan organ pencernaannya.

Kemudian diketahui perempuan itu memiliki tingkat garam yang sangat rendah dalam darahnya.
Hal ini dapat terjadi jika terlalu banyak air diminum selama periode waktu yang singkat.

Gejala termasuk mual, muntah dan sakit kepala. Dalam kasus-kasus serius, otak bisa membengkak, yang dapat menyebabkan kebingungan, kejang, koma dan kematian.

Tingkat kematian hampir 30 persen telah dilaporkan pada pasien dengan kadar garam rendah yang tidak normal.

Para dokter - Dr Laura Christine Lee dan Dr Maryann Noronha mengatakan mereka sering menyarankan pasien untuk 'minum banyak cairan' dan 'menjaga baik-terhidrasi' ketika mereka tidak sehat. Namun dalam takaran yang ideal.

'Seperti yang ditunjukkan di sini, efek berbahaya dari peningkatan asupan cairan termasuk kebingungan, muntah dan gangguan bicara, dan potensi hasil bencana karena konsentrasi natrium darah rendah. " ujar mereka.

Namun Dr Imran Rafi, ketua inovasi klinis dan penelitian di Royal College of dokter, mengatakan minum air yang cukup penting dalam menjaga sehat, baik secara fisik dan mental. “Pasien harus menjaga cairan mereka ketika tidak enak badan, terutama dalam kondisi yang dapat menyebabkan dehidrasi,” ujarnya.

"Kami akan mendorong pasien untuk minum lebih banyak jika mereka memiliki gejala dehidrasi, seperti rasa haus - termasuk dalam cuaca panas atau ketika berolahraga - atau lewat air seni berwarna gelap,” tambahnya.

Laporan kasus ini menyoroti bahwa asupan air yang berlebihan dapat memiliki konsekuensi penting bagi pasien, dan ini adalah sesuatu yang harus diperhatikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : dailymail
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro