Star Wars/Reuters
Entertainment

Ini 5 Film Fiksi Ilmiah Terlaris

Azizah Nur Alfi
Kamis, 8 Desember 2016 - 17:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebentar lagi kemeriahan Star Wars akan kembali menghiasi bioskop Tanah Air. Para pecinta film bergenre science fiction ini akan kembali dihibur dengan hadirnya film Star Wars terbaru yang berjudul Rogue One: A Star Wars Story.

Rogue One: A Star Wars Story merupakan film pertama dari tiga film antologi Star Wars yang diproduksi Disney. Film yang dibintangi Felicity Jones tersebut direncanakan tayang pada 14 Desember 2016 di Indonesia, sementara di Amerika Serikat baru tayang pada 16 Desember 2016.

"Film Rogue One memiliki kisah yang berdiri sendiri dari film-film Star Wars sebelumnya. Namun hal ini sepertinya tidak mengurangi antusias penggemar setia Star Wars. Bukan tidak mungkin Rogue One mampu mengungguli kesuksesan film-film Star Wars yang lain," tutur Sudhir Syal, Co Founder & Director BookMyShow Indonesia, Kamis (8/12/2016).

Sepanjang sejarah perfilman Hollywood, tak terhitung banyaknya film yang turut mengusung genre serupa seperti Star Wars. Film-film bergenre science fiction bahkan sering mendominasi Box Office dunia. Berikut film science fiction adventure terlaris:

Avatar (2009)

Pendapatan kotor: Rp 37 triliun
Film Avatar mendominasi daftar film science fiction terlaris yang pernah dibuat sepanjang masa. Film arahan James Cameron tersebut berhasil meraih kesuksesan gemilang dengan raihan pendapatan Rp37 triliun. Keuntungan yang diraih film ini ditaksir bernilai 12 kali lipat dari biaya produksi filmnya. Film Avatar tak hanya menduduki posisi pertama dalam daftar film scientific terlaris, namun film yang dibintangi Sam Worthington dan Zoe Saldana tersebut juga menyandang gelar sebagai film Hollywood terlaris sepanjang masa.

Star Wars: The Force Awakens (2015)

Pendapatan kotor: Rp 27 triliun
Daftar film science fiction terlaris lainnya adalah film Star Wars: The Force Awakens. Seri ketujuh film Star Wars ini berhasil menduduki posisi kedua dengan raihan pendapatan sebesar Rp 27 triliun. Keuntungan yang diraih film produksi Disney ini bernilai 8 kali lipat dari biaya produksi filmnya. Besarnya keuntungan tersebut bahkan membuat film Star Wars: The Force Awakens menduduki posisi ketiga sebagai sebagai film Hollywood terlaris sepanjang masa.

Jurassic World (2015)

Pendapatan kotor: Rp 22 triliun
Di posisi ketiga terdapat film produksi Legendary Pictures yang berjudul Jurassic World. Film yang dibintangi Chris Pratt dan Bryce Dallas Howard ini meraih keuntungan fantastis Rp22 triliun. Jika dibandingkan dengan budget produksi filmnya yang menelan biaya sebesar Rp1,9 triliun, film Jurassic World dapat dikatakan mampu mengantongi kesuksesan besar.

Jurassic Park (1993)

Pendapatan kotor: Rp 13,7 triliun
Film pendahulu Jurassic World yang berjudul Jurassic Park bertahta di posisi keempat sebagai film science fiction terlaris di dunia. Film arahan Steven Spielberg itu mengantongi pendapatan sebesar Rp13,7 triliun dari penayangan globalnya. Keuntungan yang diraih film Jurassic Park bahkan bernilai sekitar 15 kali lipat dari budget produksi filmnya.

Star Wars Episode 1 - The Phantom Menace (1999)

Pendapatan kotor: Rp 13.6 triliun
Menyusul di posisi kelima lagi-lagi ditempati oleh seri film Star Wars yang berjudul Star Wars Episode 1 - The Phantom Menace. Film pertama Star Wars ini bersaing ketat dengan film Jurassic Park dengan raihan pendapatan Rp13,6 triliun. Keuntungan yang diraih film Star Wars Episode 1 - The Phantom Menace ditaksir mampu mengantongi keuntungan 9 kali lipat lipat dari biaya produksi filmnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro