Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie/Istimewa
Fashion

"Semua Ikan di Langit" Menang di Sayembara Novel DKJ 2016

Azizah Nur Alfi
Kamis, 15 Desember 2016 - 14:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Naskah Semua Ikan di Langit karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie menjadi pemenang pertama dalam Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta 2016. Adapun, dewan juri memutuskan tidak ada pemenang kedua dan ketiga.

Dewan juri yang terdiri dari Bramantio, Seno Gumira Ajidarma, dan Zen Hae, tidak memilih pemenang-pemenang di bawahnya karena ada perbedaan mutu yang tajam antara pemenang pertama dan naskah-naskah lainnya.

Meski demikian, dewan juri memilih sejumlah naskah yang masih menunjukkan sejumlah keunggulan. Adapun empat naskah unggulan yang dipilih yakni berjudul Lengking Burung Kasuari, Tanah Surga Merah, Curriculumvitae, dan 24 Jam Bersama Gaspar.

Ada 343 naskah yang masuk dalam perhelatan dua tahunan itu. Dari jumlah ini, 317 naskah diantaranya lolos persyaratan administrasi.

Dari jumlah ini, dewan juri menilai kondisi umum naskah bacaan bermasalah, baik dari tata bentuk novel maupun dalam soal penggunaan bahasa Indonesia sebagai media sastra.

Dewan juri menyebut di antaranya, adanya keinginan kuat untuk menjelaskan dengan cara hampir mengutip, dialog yang tidak lentur, pencerita yang tidak jelas posisinya, riwayat kekerasan dan luka Indonesia, membicarakan banyak hal, sehingga kehilangan kesatuan cerita seakan-akan seluruh isi dunia hendak dituangkan ke dalam novel, dan kehilangan daya di tengah cerita.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro