Faza Meonk. /pbs.twimg.com
Referensi

Ini Upaya Kreator Si Juki Majukan Komik Indonesia

Dika Irawan
Jumat, 23 Desember 2016 - 17:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kreator komik Si Juki, Faza Meonk mengungkapkan sebetulnya banyak kreator-kreator lokal yang terampil menciptakan komik-komik bagus, tetapi mereka kesulitan memasarkan karyanya.

Para kreator ini membutuhkan pihak yang dapat mengorbitkan karya-karyanya. Melihat kebutuhan itu, akhirnya pada 2014 Faza mendirikan Pionicon, perusahaan penerbit karakter-karakter lokal, termasuk mengelola karakter Si Juki.

Di satu sisi dia ingin Pionicon itu menjadi jembatan yang menghubungkan kreator dengan dunia bisnis. Sisi lainnya, dia hendak meniru keberhasilan Doraemon maupun Walt Disney dimonetisasi dengan cara dijual lisensinya.

Doraemon yang awalnya hanya komik kemudian karakternya diadaptasi ke berbagai bentuk benda. "Sekarang boneka Mickey harganya kalau dijual mahal," ujar Faza kepada Bisnis, Jumat (23/12/2016).

Hingga kini total Pionicon telah menciptakan karakter-karakter yang menemani Si Juki. Mereka adalah Bedil, Tuti and Friends, Si Bedil, Little Manka, Repoobly QDJY, Pavlichenko, Vusya, dan Hebring.

Bersama Pionicon, Faza bukan lagi kreator tetapi juga membangun jaringan ke pihak-pihak lain untuk membangun bisnisnya tersebut.

"Akibat belum banyak perusahaan berbasis lisensi karakter lokal tantangannya banyak. Saya terus bereksperimen mencontoh keberhasilan bisnis-bisnis lisensi serupa di Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro