Ilustrasi/Healthmeup
Health

Kurang Vitamin D Bikin Sakit Kepala Kronis

Newswire
Kamis, 5 Januari 2017 - 14:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kekurangan vitamin D bisa meningkatkan risiko terkena sakit kepala kronis, menurut sebuah studi dari University of Eastern Finland.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports itu, peneliti menganalisa serum vitamin D dan 2600 orang laki-laki berusia 42 dan 60 tahun yang mengalami sakit kepala.

Sebanyak 68 persen dari para pria itu hanya mengalami kekurangan vitamin D, yakni di bawah 50nmoI/I. 250 orang mengaku menderita sakit kepala kronik setidaknya dalam kurun waktu seminggu dan mereka ternyata kekurangan vitamin D dibandingkan yang lainnya.

Saat populasi studi dibagi dalam empat kelompok berdasarkan kandungan serum vitamin D dalam tubuh, kelompok yang kandungan vitamin D nya paling rendah dua kali lipat berisiko menderita sakit kepala kronis.

Sakit kepala ini terjadi lebih banyak terjadi setelah musim panas, yakni pada Juni - September. Sinar matahari (UVB) merupakan sumber penting vitamin D. Demikian seperti dilansir laman resmi University of Eastern Finland.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro