Sabun mandi/Istimewa
Health

Salah Pilih Sabun Mandi, Kulit Bisa Kering

JIBI
Jumat, 13 Januari 2017 - 11:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Munculnya keriput adalah salah satu tanda penuaan. Semakin kering kulit, maka semakin rentan mengalami kerut-kerut halus di usia dini.

Salah satu penyebab kulit kering menurut dokter kulit Jessy Hartono adalah suhu ruangan yang dingin, karena cairan di permukaan kulit akan menguap. Meski terjadi pada semua orang, proses penguapan tersebut akan lebih cepat terjadi pada mereka yang memiliki jenis kulit kering.

"Akibatnya, kulit kering ini bisa memicu gatal," ujarnya.

Solusinya, menurut dokter yang praktik di 8th Avenue Clinic, Jakarta, ini adalah dengan penggunaan losion tubuh untuk mencegah air di permukaan kulit menguap.

Selain penggunaan losion, Jessy juga menyarankan untuk mengonsumsi air yang cukup atau di atas 2 liter dan menggunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit.

"Karena penggunaan sabun antiseptik, misalnya, akan mengangkat lemak di permukaan kulit sehingga kulit menjadi kering," katanya.

Sabun bayi, menurutnya, bisa menjadi alternatif bagi mereka yang memiliki kulit kering. Sebabnya, kandungan deterjennya lebih sedikit dibanding produk untuk orang dewasa.

"Kandungan deterjen yang tinggi akan mengangkat kotoran dari dalam kulit tapi juga membuat kulit menjadi kering," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro