Body Pump/Mia Chitra Dinisari
Health

Tips Jalani Latihan Body Pump

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 13 Januari 2017 - 14:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Bodypump adalah program kebugaran berdasarkan berat badan, dibuat

dan didistribusikan secara global oleh Les Mills International.

Kelas Bodypump pertama diciptakan oleh Phillip Mills dan istrinya Dr Jackie Mills pada Desember 1991 di

Auckland, Selandia Baru. Menurut Dr Jackie Mills ide itu untuk menarik orang ke dalam studio kelompok kebugaran, dan menghilangkan stigma bahwa perempuan tidak boleh melakukan latihan angkat beban

Biasanya, kelas Bodypump dilakukan selama 59 menit dan berisi delapan sesi berbeda pembentukan otot yang diringi oleh lagu tertentu atau "trek" dimulai dari pembukaan pemanasan track dan menutup pendinginan. Ada juga format kelas 45 menit dan 30 menit.

Peserta memilih  bobot mereka berdasarkan latihan dan tujuan pribadi mereka. Fokusnya adalah

menuju ketahanan otot dengan memindahkan beban ringan dengan pengulangan yang disebut Les

Mills Efek Rep.

Trainer Celebrity Fitness Triesca Arisandy mengatakan body pump ditujukan untuk membentuk otot besar dan otot kecil dalam tubuh. Fitnes semacam ini banyak disenangi orang karena pelakunya boleh memilih berat beban sesuai kemampuan mereka.

"Biasanya yang baru ikut pakai beban yang lebih ringan, beban yang direkomendasikan 1,250-2,5 kg

satu sisi," ujar Triesca.

Dia menjelaskan untuk menjalani body pump disarankan dilakukan dua sampe 3 kali sepekan, dengan berselang hari. Sedangkan untuk lama waktu latihan biasanya memakan waktu mulai dari 30 menit sampai dengan satu jam setiap sesinya.

Agar hasilnya maksimal, katanya, tergantung pola pola hidup, pola makan dan rutinitas olahraga

dalam seminggu serta bagaimana waktu istirahatnya. Namun, lanjutnya, untuk kelas body pump sendiri, umumnya baru bisa terlihat dalam waktu dua bulan, dimana otot terlihat mulai kencang dan postur tubuh menjadi bagus.

Adapun kelebihan melakukan body pump menurut Triesca adalah pelaku bisa memilih beban sendiri jadi tidak terlalu terbebani, bisa mendapatkan postur tubuh yang ideal, dan juga menjadikannya lebih confident secara mental.

Selain itu, menurutnya dengan body pum bisa memperlancar peredaran darah, membantu metabolisme, membantu mengembangkan otot, menjaga postur tubuh yang baik, menghindari cidera dan secara mental membuat lebih percaya diri.

Untuk batas usia mereka yang melakukan body pump menurutnya sebaiknya dilakukan oleh orang berusia 17 tahun ke atas, karena pada usia di bawah 17 tahun umumnya masih dalam masa pertumbuhan, sehingga sebagian besar gym memang melarang anak usia di bawah 17 tahun untuk ikut gym. karena bisa merusak pertumbuhannya.

Sedangkan maksimal usia tertua tidak dibatasi, karena tergantung kemampuan masing-masing orang. "Belakangan ada research orang yang berumur diharuskan mengangkat beban untuk menghindari osteoporosis," tegasnya.

Bagi mereka yang menjalani olahraga body pump, lanjutnya, sebaiknya juga menjalani pola makan dengan nutrisi yang baik seperti ada protein, karbohidrat, sayuran banyak, jangan jajan, jangan makan jorok, banyak minum air putih dan mengurangi gula

Sementara itu, untuk risiko cedera umumnya minim karena beban sesuai kemampuan, sehingga tidak membebani yang melakukannya.

Peminat body pump sendiri katanya saat ini sudah cukup banyak, dan 80% nya adalah perempuan. Mereka sendiri umumnya melakukan latihan sebelum berangkat atau pulang kerja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro