Ilustrasi
Health

Jangan Minum Saat Makan. Ini Alasannya

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 20 Januari 2017 - 11:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Minum setidaknya delapan gelas air setiap hari sangat penting untuk hidrasi yang tepat dari tubuh.

Kekurangan air akan membuat tubuh Anda mengalami dehidrasi dan membuat tubuh lemas. Apalagi jika Anda beraktivitas di bawah matahari yang menguras keringat atau bahkan di dalam ruangan ber AC seharian.

Namun, minum air juga memiliki aturan yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Ada beberapa kondisi dimana sebaiknya Anda tidak minum. Salah satunya saat sedang makan. Minum air disarankan lebih baik dilakukan setelah makan selesai.

Saat makan,  Anda akan mendapatkan jumlah air yang baik dari makanan yang Anda makan, meskipun jika Anda tidak terhidrasi dengan baik, tidak akan membahayakan perut Anda saat makan tanpa minum air.

Air juga bisa bertindak sebagai pelumas alami untuk dinding usus, membantu serat mendorong limbah dari tubuh.

Menambahkan sedikit lebih banyak air untuk makanan Anda  bukan hal yang buruk. Minum selama makan dapat membantu Anda menelan, mendukung saluran pencernaan Anda dan membuat Anda merasa lebih kenyang dan sehingga Anda mengkonsumsi lebih sedikit.

Minum segelas air tepat sebelum makan sebenarnya dapat mengekang nafsu makan, mengurangi kemungkinan Anda overindulging.

Namun, ada beberapa hal buruk yang terjadi jika Anda minum di sela-sela makan Anda. Berikut seperti dilansir Boldsky.com:

1. Mencairkan Asam klorida
Menurut penelitian, perut mengandung asam klorida yang penting untuk memecah makanan yang kita makan. Ketika Anda menelan air bersama dengan makanan Anda, Anda akhirnya menipiskan asam klorida ini. Hal ini menyebabkan masalah pencernaan seperti makanan tidak hancur dengan benar.

2. Sembelit
Minum saat makan bisa menimbulkan sembelit. Insufisiensi air dalam tubuh juga dapat menyebabkan kelelahan.

3. Kembung & Gangguan pencernaan
Ini juga dapat mengakibatkan malabsorpsi, kembung dan gangguan pencernaan.

Jadi kapan kita harus minum air sehingga makanan dicerna dengan benar? Menurut para ahli, kita harus minum air yang cukup setengah jam sebelum makan dan satu jam setelah makan.

Hal ini memungkinkan asam untuk mencerna makanan dengan baik dan mencegah pembentukan gas, kembung dan keasaman. Juga, sebaiknya air yang Anda minum adalah air hangat yang akan memungkinkan Anda untuk menelan makanan dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro