Tahun 2017 adalah Tahun Ayam Api menurut astrologi China/Istimewa
Relationship

Tahun Ayam Api : Feng Shui, Cara Menata Rumah agar Dapat Jodoh

Dika Irawan
Jumat, 20 Januari 2017 - 16:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sudahkah Anda beres-beres rumah jelang Tahun Baru Imlek mendatang?

Menurut hitungan feng shui ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menata hunian pada Tahun Ayam Api ini.

Pakar feng shui Sidhi Wiguna Teh menjelaskan, 2017 merupakan tahun ding you atau familiar dikenal dengan ayam api. Ding, ujarnya, adalah batang langit yang memiliki elemen api yin. Sedangkan you adalah cabang bumi yang mempunyai elemen logam yin.

"Cabang bumi ini lazim disebut sebagai shio. Jadi you inilah yang dikenal dengan shio ayam," tuturnya, Jumat (20/1/2017).

Sedangkan pada tahun ini, Sidhi menuturkan, penguasanya merupakan bintang nomor satu yang melambangkan kebijaksanaan. Artinya , pada 2017 kehidupan berjalan lebih adem, kendati terjadi ketidakharmonisan antara batang langit dengan cabang bumi.

Energi

Bicara menata rumah pada Tahun Ayam Api. Sidhi mengatakan, hal itu tergantung pada qi (energi) terhadap delapan arah mata angin yaitu utara, timur laut, timur, tenggara, selatan, barat daya, barat, barat laut, dan utara.

Hal ini dapat dijadikan pertimbangan untuk menata hunian atau tempat usaha.

Dijelaskan, berdasarkan hitungan feng shui ada beberapa arah yang memiliki elemen negatif dan positif di tahun ayam api. Untuk arah-arah yang memiliki energi negatif, Sidhi mengatakan berada di selatan.

Hal tersebut terjadi karena selatan kedatangan bintang nomor lima yang melambangkan obstacle star (bintang penghambat).

Oleh sebab itu apabila pintu rumah, arah tidur, meja kerja menghadap ke arah selatan, maka perlu berhati-hati dalam mengambil keputusan.

"Perlu check and recheck lah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan. Selain itu penghuni juga harus lebih hati-hati dalam berjalan," ujarnya.

Tahun Ayam Api : Feng Shui, Cara Menata Rumah agar Dapat Jodoh

Tangkal Hal Negatif

Guna menangkal hal-hal negatif tersebut, Sidhi menyarankan kepada para penghuni agar menaruh ornamen dekoratif bermaterial logam di sisi pintu, head board tempat tidur, meja kerja.

Elemen logam ini, imbuhnya, berfungsi untuk melemahkan bintang nomor lima yang berelemen tanah.

Di samping selatan, ada arah barat yang juga memiliki energi negatif. Sidhi menuturkan arah barat kedatangan bintang nomor tiga yang memberikan efek percekcokan.

Bila pintu rumah, heard board tempat tidur, meja kerja Anda menghadap ke barat, imbuhnya, maka perlu lebih menahan diri agar tidak mudah terpancing emosi.

Tahun Ayam Api : Feng Shui, Cara Menata Rumah agar Dapat Jodoh

Konstruksi

Bukan hanya itu, arah ini juga kedatangan qi negatif berupa qi grand duke of jupiter atau tai shu dan five tiger atau wu hu. Makanya, pada arah ini sebaiknya penghuni menghindari pekerjaan konstruksi agar terhindar dari hal-hal tidak diinginkan seperti luka akibat kecelakaan atau kehilangan uang.

Selain barat, pria lulusan Universitas Tarumanegara ini mengatakan, arah barat daya dan barat laut mesti diwaspadai. Sebab, barat daya kedatangan bintang nomor tujuh yang memberi efek negatif seperti tingginya tingkat kompetisi, masalah kemalingan, perampokan hingga persoalan hukum.

Pasalnya, jika pintu rumah, head board tempat tidur, meja kerja menghadap arah ini sebaiknya perlu hati-hati.

"Guna mengantisipasi hal-hal buruk itu, pasanglah pengamanan lebih di rumah Anda seperti CCTV [closed-circuit television], alarm, periksa dokumen-dokumen terkait legal untuk menghindari permasalahan hukum," tuturnya.

Adapun arah barat laut, Sidhi menjelaskan, arah ini menjadi negatif, karena kedatangan bintang nomor dua yang disebut sickness star. Hasilnya, barat laut memberi efek negatif berupa turunnya daya tahan tubuh penghuni rumah.

Dia menyarankan, kepada penghuni-penghuni di arah ini agar menjaga gaya hidup sehat, istirahat cukup, dan mengonsumsi suplemen yang sesuai.

Setelah mengetahui arah-arah apes pada Tahun Ayam Api ini, selanjutnya mari kita simak arah-arah beruntung apa saja tahun tersebut.

Sidhi mengungkapkan pada 2017, arah timur laut kedatangan bintang nomor empat. Kedatangannya itu memberikan efek bagus perihal asmara dan pendidikan.

Romantis

Dia mengatakan rumah yang pintu utamanya menghadap arah timur laut ini akan menikmati kehidupan romantis.

"Sedangkan bagi yang masih single maka akan ada harapan untuk menemukan pasangan. Adapun untuk mereka yang masih sekolah, maka prestasi akademiknya bisa sesuai harapan," ujarnya.

Bukan hanya timur laut, arah baik lainnya juga ada pada utara. Sidhi mengatakan, arah utara menjadi positif, karena kedatangan bintang nomor enam berefek positif seperti tingginya kharisma dan kreativitas.

Menurut dia, penghuni rumah yang memiliki pintu utama mengarah ke utara akan memperoleh rasa hormat dari orang-orang sekitar.

Tahun Ayam Api : Feng Shui, Cara Menata Rumah agar Dapat Jodoh

Arah Timur

Kemudian, arah baik lainnya jatuh pada timur. Sidhi mengungkapkan, timur boleh disebut arah terbaik pada tahun ini. Pasalnya, arah ini kedatangan bintang nomor delapan yang menghasilkan efek sangat positif bagi aspek finansial dan karier.

Alhasil, penghuni yang memiliki pintu utama rumah, tempat tidur, dan meja kerja menghadap arah timur segeralah manfaatkan efek positif ini.

Namun, Anda juga perlu waspada, sebab arah timur juga kedatangan dua qi negatif yaitu year breaker dan three killing. Dia mengimbau, agar penghuni yang berada di arah timur ini tidak melakukan aktivitas konstruksi pada sektor ini selama 2017.

Arah lainnya, Sidhi menuturkan, arah tenggara kedatangan bintang nomor sembilan yang membawa efek positif berupa penawaran-penawaran bisnis menarik.

Bagi Anda yang memiliki pintu utama rumah, tempat tidur, meja kerja menghadap tenggara disarankan agar selektif dalam menerima tawaran-tawaran menarik yang datang.

"Pilihlah yang sesuai kompetensi Anda dan dapat dikuasai dengan baik cara kerjanya," ujarnya.

Tahun Ayam Api : Feng Shui, Cara Menata Rumah agar Dapat Jodoh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro