Ilustrasi/Reuters
Health

KASUS ANTRAKS: Riau Klaim Masih Aman

Newswire
Minggu, 22 Januari 2017 - 15:47
Bagikan

 

Bisnis.com, PEKANBARU - Provinsi Riau mengklaim masih aman dari kasus antraks.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Riau menyebutkan saat ini wilayah tersebut masih terbebas dari kasus antraks, atau penyakit sapi akut yang mematikan.

"Kami pastikan di Riau belum ada kasus atraks pada sapi saat ini," kata Kepala Disnakeswan Riau, Askardiya Patrianov di Pekanbaru, Minggu (22/1/2017).

Patrianov menjelaskan pihaknya sudah memperoleh laporan hasil tim dilapangan. Berdasarkan hasil pengamatan dari Balai Veteriner (BVet) Bukittinggi, Riau sampai saat belum ditemukan kasus antraks pada ternak.

Meski demikian, ia mengatakan pihaknya kini tidak akan berhenti sampai di situ dan tetap melakukan pantauan.

"Insya Allah posisi terakhir masih negatif. Namun kewaspadaan terhadap kasus antarwilayah tetap prioritas," ucapnya pula.

Ia mengimbau masyarakat juga proatif untuk melaporkan jika menemukan ada kasus di lingkungan masing-masing.

"Saya juga meminta jika ada info dari jajaran Diskes saya mohon di-share," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan Dinas Kesehatan Provinsi Riau mulai mewaspadai penyebaran antraks atau penyakit sapi akut terhadap manusia di wilayah tersebut dengan menginstruksikan bidang Penanggulangan Penyakit (P2) memonitor serta berkoordinasi dengan instansi terkait.

"Saya perintahkan Penanggulangan Penyakit (P2) agar segera berkoordinasi dengan Disnakkeswan apakah di Riau sudah ada ditemukan antraks pada hewan ternak atau belum," kata Kadiskes Riau Mimi Yuliani di Pekanbaru, Minggu (22/1/2017).

Mimi menyebutkan Riau perlu waspada terhadap penyebaran penyakit sapi yang disebabkan bakteria Bacillus anthracisini karena bisa menular kepada manusia.

Hal ini juga mengantisipasi kegelisahan masyarakat pascahebohnya soal ini di media sosial terkait kasus antraks yang terjadi di Kulonprogo Yogyakarta. Sehingga pihaknya langsung instruksikan Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit waspada dan monitor kasus Antraks di Provinsi Riau.

Antraks adalah penyakit Zoonosi yang dapat menular dari hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing dan kuda ke manusia. Penyakit ini hanya ditularkan oleh hewan ke manusia dan tidak bisa ditularkan dari manusia ke manusia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro