Obat-obatan/boldsky.com
Health

Ini Waktu yang Tepat Untuk Minum Obat

Mia Chitra Dinisari
Senin, 23 Januari 2017 - 10:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Ada berbagai hal yang dapat memengaruhi seberapa baik obat yang Anda minum bisa bekerja.

Obat tetap aktif dalam tubuh dalam jangka waktu tertentu. Untuk alasan ini Anda harus mengambil obat yang berbeda pada berbagai interval waktu. Berapa lama mungkin diperlukan tubuh untuk menyerap obat dan mencapai tingkat di mana ia beroperasi terbaik juga bervariasi.

Anda biasanya minum obat secara rutin untuk memastikan mendapatkan manfaat obat tersebut dalam tubuh Anda. Misalnya, obat penghilang rasa sakit bekerja dengan baik jika Anda mengonsumsinya secara rutin dengan jam yang sama setiap harinya, untuk tetap mengontrol rasa sakit tersebut.

Beberapa obat juga ada yang sebaiknya diminum saat perut sudah terisi dan beberapa lainnya diminum sebelum makan apa-apa. Anda harus mengikuti petunjuk dokter dengan hati-hati.

Jika Anda tidak yakin jika Anda perlu untuk mengambil obat Anda sebelum makan sesuatu atau tidak, periksa dengan dokter, perawat atau apoteker.

Anda juga harus memperhatikan indikasi dan pantangan yang harus dihindari selama minum obat yang bisa mengurangi manfaatnya. Misalnya saja, makan jeruk karena bisa mengganggu manfaat sejumlah obat seperti obat penurun kolesterol.

Berikut beberapa waktu yang tepat untuk minum obat seperti dilansir boldsky.com:

1. Obat yang diminum saat perut kosong
Obat-obatan untuk hiper dan hipotiroidisme dan juga osteoporosis harus diminum saat pagi hari dengan perut kosong setengah jam sebelum sarapan.

Juga pastikan untuk menghindari minum  suplemen apapun selama dua jam lebih setelah minum obat ini karena ini dapat mengganggu kerja yang tepat dari obat.

2. Obat yang diminum saat makan siang:
Obat-obatan yang mengandung kalsium, magnesium dan D obat-obatan vitamin harus diminum saat makan siang. Waktu kedua unuk minum jenis obat-obatan ini yakni setelah makan malam

3. Obat yang diminum sebelum tidur
Obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol harus diambil pada waktu tidur sebelum tidur. Karena jenis obat-obatan ini biasanya bekerja pada saat Anda tidur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro