Ilustrasi sakit perut Blogdoctoroz.com/
Health

Makanan Pereda Syndrom PMS

Newswire
Selasa, 24 Januari 2017 - 10:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Hampir setiap perempuan pernah mengalami perubahan suasana hati dan rasa tidak nyaman saat PMS (premenstrual syndrome atau sindrom menjelang mentruasi).

Menurut pakar kesehatan Linda Booth, beberapa makanan bisa membantu meringankan gejala PMS, mulai dari perut kembung hingga suasana hati buruk.

ALPUKAT

Alpukat penuh dengan lemak sehat, serat, magnesium, potasium dan vitamin B6. Kombinasi ini membantu mengurangi nyeri.

SAYURAN HIJAU

Makanan kaya magnesium seperti bayam dan kale membantu mencegah nyeri akibat kejang-kejang di rahim dan usus. Magnesium adalah penghilang rasa sakit alami dengan meredakan ketegangan di pembuluh darah dan otot.

NASI MERAH Santap nasi merah untuk membantu pencernaan dan membuang racun agar tidak ada yang tersisa kemudian beredar lagi di seluruh tubuh.

COKELAT PEKAT

Jika ingin mengunyah cokelat menjelang menstruasi, pilihlah cokelat pekat (dark chocolate). Cokelat ini mengandung minimal 65 persen kakao solid yang punya magnesium untuk sumber energi dan endorfin untuk meningkatkan suasana hati.

MAKANAN FERMENTASI

Perut kembung, gas yang membuat usus sakit, diare dan konstipasi diakibatkan fluktuasi hormon selama menstruasi, tapi bisa juga indikasi bahwa ada ketidakseimbangan bakteri di usus kita. Makanan fermentasi seperti kimchi bisa membantu. SELEDRI Seledri kaya dengan air sehingga bagus untuk camilan. Seledri baik untuk membuat tubuh terhidrasi, melancarkan pencernaan dan mencegah rasa kembung selama menstruasi.

NANAS

Nyeri perut? Coba makan nanas. Buah ini mengadung bromelain, enzim yang membantu otot untuk tetap rileks. PROTEIN TINGGI Makanan yang mengandung vitamin B6 terbukti bisa mengurangi nyeri haid, seperti salmon dan dada ayam.

JUS SEMANGKA

Minum jus dari buah dan sayuran yang punya kadar air tinggi dapat mengurangi kembung sebelum menstruasi. Atau coba jadikan biji semangka sebagai camilan karena biji buah itu kaya serat, magnesium dan potasium.

KACANG

Banyak perempuan kekurangan zat besi selama haid karena terbuang bersama darah menstruasi. Saat itu terjadi, makanlah kacang merah yang kaya zat besi, serat, vitamin C dan protein.

YOGHURT YUNANI

Perempuan yang tubuhnya kaya kalsium dan vitamin D punya risiko lebih kecil mengalami gejala PMS. Mengonsumsi produk susu ini tiga kali sehari bisa membantu. Yoghurt Yunani penuh kalsium dan vitamin D, juga kadar protein tertinggi dari semua produk susu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro