Ilustrasi./.Webmd
Health

Yuk, Tiru Lima Perilaku Balita

Nindya Aldila
Rabu, 1 Februari 2017 - 15:48
Bagikan

Bisnis.com JAKARTA- Siapa bilang anak di bawah lima tahun alias balita tidak bisa menjadi objek pembelajaran bagi orang dewasa. Kendati tidak bisa dijadikan figur yang mencerminkan kedewasaan, ada beberapa hal dari balita dengan segala keunikannya yang bisa ditiru oleh orang dewasa.

Pertama, meluapkan emosi.

Balita baik dalam meluapkan emosinya dan hal yang sama sebaiknya dilakukan oleh orang tua. Namun, bukan berarti meluapkan emosi dengan membanting benda di sekitar atau menendang meja. “Tidak ada yang tidak pantas atau bahkan berbahaya ketika kesal sepanjang Anda mengekspresikan dengan cara yang tidak membahayakan Anda dan orang di sekitar Anda,” kata Tina Gilbertson, psikoterapis asal Denver.  Menurutnya berbincang dengan orang yang dipercaya seperti anggota keluarga atau tema, menulis buku harian, atau berbincang dengan orang yang membuat Anda kesal adalah cara-cara untuk meluapkan kekesalan atau kesedihan Anda.

Kedua, melakukan kegiatan fisik.

Balita sangat energik dan tampak tidak punya rasa lelah ketika berlarian dengan teman-temannya. Kegiatan tersebut adalah hal yang alamiah bagi balita, berbeda dengan orang dewasa yang menganggap kegiatan fisik adalah suatu keperluan atau keharusan. Padahal, Anda bisa memilih jenis kegiatan fisik apapun yang Anda suka sehingga Anda akan lebih menikmati kegiatan tersebut. Misalnya, bersepeda, sepak bola, berenang, dan lainnya.

Ketiga, suka telanjang.

Jangan berpikir macam-macam dulu! Ini artinya, Anda harus memperhatikan kesehatan badan Anda karena kesehatan Anda akan memengaruhi Anak anda. Oleh karena itu, makanlah makanan yang sehat dan berolah raga secara teratur.

Keempat, katakan tidak!

Apakah balita Anda suka sekali merespons ‘tidak’ setiap ditanyai sesuatu. Meski sisi negatifnya akan membuat Anda stres, hal itu Anda bisa terapkan pada kegiatan yang memang Anda tidak ingin lakukan atau Anda memang tidak punya waktu untuk melakukannya, sehingga Anda lebih memiliki banyak waktu untuk menikmati suasana di rumah.

Kelima, tidur siang.

Balita Anda mungkin akan mulai mengantuk pada jam usai makan siang dan akhirnya tertidur hingga paling tidak 1-2 jam. Lakukanlah hal yang sama. Tidur siang sekitar 20-30 menit akan membantu Anda untuk memperbaiki mood dan performa Anda pada tiap aktivitas.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Sumber : www.parents.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro