Menggambar/Istimewa
Health

3 Kegiatan untuk Mengisi Waktu Anak Sepulang Sekolah

Nindya Aldila
Selasa, 7 Februari 2017 - 19:28
Bagikan

Bisnis.com JAKARTA – Kegiatan sekolah yang kadang membuat anak bosan, membuat orang tua perlu berpikir kreatif untuk mengisi waktu anak setelah jam sekolah. 

Dikutip dari parents.com, ada tiga hal yang bisa menjadi pilihan bagi anak untuk mengisi waktu selepas pulang dari sekolah selain bermain bersama teman. Hal ini berguna untuk memecah kebosanan anak terhadap teori di kelas, menyalurkan hobi anak, atau sekedar bersenang-senang.

Pertama, menggambar. Kegiatan ini sangat cocok bagi tipe anak kreatif yang tak bisa diam. Anak tidak perlu harus punya bakat khusus untuk menggambar, tetapi kelas menggambar untuk anak bisa menjadi pilihan tepat.

Belajar membuat sketsa hingga menggambar 3-D bisa menjadi awalan bagi anak untuk menjadi seorang desainer, arsitek, atau yang lebih keren lagi, desain grafis.

Untuk mendukung hobi anak, orang tua bisa menyediakan peralatan menggambar sederhana, seperti crayon, pensil warna, buku gambar, atau cat lukis bagi anak yang suka mengaplikasikannya di atas kanvas.  

Kedua, berbisnis. Saat ini, para orang tua telah mencermati nilai-nilai yang dimiliki oleh anak zaman milenial. Leadership, teamwork, dan komunikasi. “Entrepreneurship adalah tentang membangun ide dan mencari solusi.

Dengan berbisnis anak-anak berpeluang menjadi pemimpin dan pencipta karya,” kata Thais Rezende, CEO BizWorld, program edukasi Bisnis di San Francisco.

Misalnya dengan membuat suatu produk, seperti tempat pensil atau gelang persahabatan. Skill tersebut harus dibarengi dengan edukasi mengenai pemasaran, pricing, budgeting, dan desain produk. Orang tua bisa berperan untuk mengajarkan bagaimana pembukuan sederhana harus dilakukan.

Ketiga, tak ada yang lebih menyenangkan dari musik. Youtube telah mengubah pandangan anak-anak tentang cita-cita.

Terinspirasi dari remaja yang sukses mengunggah video menyanyi atau sekedar memetikkan gitarnya hingga mendapat ratusan ribu penonton tentu akan mendorong semangat anak untuk merasa diapresiasi.

Untuk mendorong hobi musiknya, anak-anak bisa belajar mengenai teknik dan teori untuk memainkan alat musik, seperti gitar, bass, keyboard, drum, atau vokal. Biarkan anak-anak memilih lagu yang ia suka agar anak lebih semangat untuk mempelajarinya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro