Hotel bintang lima/Istimewa
Bisnis Style

PERAYAAN VALENTINE: Berikut Daftar Hotel dengan Skor Romantis Tertinggi

Deandra Syarizka
Selasa, 14 Februari 2017 - 18:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi pengelola hotel, Valentine adalah momen tahunan yang sama pentingnya seperti Natal, Tahun Baru, dan  Imlek. Momentum ini merupakan kesempatan untuk meningkatkan penjualan dan meraih target pasar baru, dan paket Valentine  sangat membantu upaya promosi suatu hotel dan mendatangkan kembali tamu lama.

Wego.co.id, situs pencari wisata di Asia Pasifik dan Timur Tengah, bersama platform ulasan tamu, TrustYou, mengungkap daftar negara yang memiliki hotel-hotel dengan rating tinggi di kategori romantis.

“Sejumlah tempat identik sebagai destinasi romantis karena dikelilingi pemandangan yang cantik, contohnya Bali, Thailand, atau properti di pinggir pantai Australia, yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. Adapun hotel lain yang juga populer adalah hotel-hotel berbintang lima yang pelayanan dan kemewahannya menciptakan pengalaman romantis untuk tamu,” ujar Anna Trushkina, Director Hotels Commercial Wego seperti dikutip Selasa (14/2/2017).

Menurutnya, rating bintang empat dan lima seringkali berkorelasi dengan skor keromantisan suatu hotel, terutama di Uni Emirat Arab, India, dan Hong Kong. Akan tetapi, di Singapura dan Malaysia, 25 hotel di peringkat teratas adalah campuran beberapa rating sekaligus, mulai dari bintang tiga sampai lima.

Dia menambahkan, Jepang adalah negara yang hotel-hotelnya memperoleh skor tertinggi di kategori romantis dengan nilai 99 sampai 100.Rating properti-propertinya juga bervariasi, mulai dari bintang dua sampai lima.

“Biasanya, properti dengan rating keromantisan tinggi menawarkan paket akhir pekan untuk mendatangkan kembali para pasangan, terutama di tempat-tempat yang populer sebagai spot staycation akhir pekan.”

CEO TrustYou Benjamin Jost menambahkan pihaknya mengumpulkan dan mengevaluasi   tiga juta ulasan, komentar, dan survey tamu setiap minggu. Untuk data-data spesifik seperti hotel romantis ini, pihaknya menganalisis sejumlah besar ulasan yang mengandung parameter “romantis”, mengidentifikasi sentimen tamu, dan mempertimbangkan TrustScore - rangkuman skor ulasan yang sudah diverifikasi

“ Data ini kemudian dirangkum kembali oleh TrustYou kemudian diberi nama “Romantic Score” atau skor romantis, sehingga memungkinkan kami membuat daftar 25 hotel romantis di negara-negara berikut,” ujarnya.

Australia

Di Australia, faktor alam berperan besar dalam menentukan tingkat keromantisan suatu properti. Terdapat tiga properti Australia yang memperoleh skor romantis 100 dan berlokasi di Narooma (NSW), Rainbow Beach (QLD), dan New Norfolk (Tasmania).

Tipe bed and breakfast serta cottage mengalahkan hotel bintang lima pada daftar hotel romantis di Australia dengan skor 97-100. New South Wales mendominasi dengan tujuh hotel, diikuti enam hotel di Queensland, empat di Tasmania dan South Australia, tiga di Victoria, dan satu penginapan bernama The Good Life B&B yang mewakili Western Australia.

Indonesia

Di Indonesia, 24 dari 25 properti dengan skor romantis tertinggi berlokasi di Bali. Sepuluh properti berada di tengah rimbunnya hutan Ubud, sisanya tersebar di Seminyak, Jimbaran, dan Nusa Dua. Bali secara umum mendapat skor tinggi untuk kategori romantis, yaitu pada kisaran 95%-99%.

Mandarin Oriental dengan skor 96 menjadi satu-satunya hotel romantis di Indonesia yang tidak berada di Bali.

Malaysia

Negara kepulauan lain yang juga terdaftar di negara dengan hotel-hotel romantis adalah Malaysia. Di Langkawi, terdapat tujuh hotel romantis dengan skor mulai dari 84 sampai 99.

Properti dengan skor tinggi lainnya berada di Kuala Lumpur (5 hotel), Penang (4 hotel), Melaka (3 hotel), Perak (2 hotel), dan 1 properti di Kota Kinabalu, Terengganu, Sabah dan Sarawak. Semuanya memperoleh skor romantis 83 sampai 99.

“Hotel butik mewah yang jauh dari keramaian dengan suasana hutan tropis juga mendominasi daftar ini, sebut saja Datai dan Ambong-Ambong di Langkawi, serta Pangkor Laut Resort di Perak,” tambah Trushkina.

Singapore

Skor romantis hotel-hotel di Singapura berkisar antara 77 sampai 96, dengan hotel-hotel bintang lima yang mendominasi. Singapura membuktikan bahwa jumlah bintang hotel tidak selalu menentukan keromantisan suatu hotel. Hotel berbintang tiga seperti Lloyd’s Inn, The Daulat Hotel, dan Changi Cover meraih skor sampai 88.

“Fakta menarik lainnya adalah beberapa hotel kecil yang tidak tergabung dalam jaringan hotel besar juga populer di kalangan para pasangan,” jelas Trushkina.

Spot teratas diisi oleh Shangri-La Hotel (skor 96), The Fullerton Bay (skor 94), Four Seasons (skor 93), Pan Pacific (skor 93), dan Raffles (skor 92).

Hong Kong

Hotel-hotel romantis di Hong Kong lebih bervariasi lagi. Skor romantis berkisar antara 69 sampai 95. Seperti Singapura, hotel romantis yang populer adalah hotel berbintang 4 atau 5. Hotel The Peninsula berada di peringkat pertama (skor 95), diikuti The Landmark Mandarin Oriental (skor 94), Four Seasons (skor 91), Kowloon Shangri-La (skor 89), dan East Hotel (skor 89).

“Hotel-hotel tersebut berada di berbagai penjuru Pulau Hong Kong, New Territories, dan Kowloon, temasuk hotel Auberge Discovery Bay yang menawarkan paket Valentine selama lima hari,” tambah Trushkina.

Thailand

Thailand tidak pernah kehabisan spot dan hotel romantis. Di posisi teratas terdapat Phuket (peringkat 1 dan 5), Bangkok (peringkat 2 dan 3), dan Koh Samui (peringkat 4). Faktanya, suasana tropis yang dikemas romantis ternyata sangat populer. Sebanyak delapan dari 25 properti teromantis di Thailand berlokasi di Phuket dan Koh Samui, empat properti di Bangkok, tiga properti di Hua Hin, dan dua properti di Chiang Mai. Seluruh tamu yang datang memberi skor ulasan tinggi, yaitu pada kisaran 96 sampai 99.

“Para pasangan yang datang berlibur ke Thailand, khususnya Phuket, memilih lokasi yang sepi dan terpencil seperti The Surin,” jelas Trushkina.

Jepang

Hotel-hotel romantis di Jepang memperoleh skor tertinggi dibanding negara lain. Sebanyak 14 hotel memperoleh skor 100 dan 11 lainnya memperoleh skor 99. Lokasinya tersebar dari Tokyo sampai Gifu, Hyogo sampai Shizuoka, serta beberapa lokasi cantik lainnya.

Di Jepang, jumlah bintang hotel juga tidak menentukan skor keromantisan. The Westin Sandai yang berbintang empat, sampai Mizuhaso yang hanya bintang dua, semua ada di daftar 25 hotel romantis di Jepang.

India

Tidak seperti Jepang, sebanyak 21 dari 25 hotel dengan skor romantis terbaik didominasi oleh hotel bintang lima dengan skor 86 sampai 99. Tiga hotel grup Leela berada di peringkat lima teratas: The Leela Kovalam Beach (skor 99), Leela Palace New Delhi (skor 96), dan The Leela Goa (skor 96). Selain itu, The Raintree Hotel di Chennai (skor 97) dan Taj Lake Palace Hotel di Udaipur (skor 96) turut menghiasi peringkat lima teratas.

Uni Emirat Arab

Hotel-hotel di Uni Emirat Arab meraih skor romantis dari tamu yang relatif tinggi, mulai dari 91 sampai 98. Méridien dan Jumeirah di Dubai berada di peringkat atas, disusul oleh Jumeirah Etihad Tower di Abu Dhabi.

Sebanyak 20 dari 25 daftar properti romantis di Uni Emirat Arab berlokasi di Dubai, 4 properti di Abu Dhabi, dan satu resort mewah bernama Ajman Saray di Ajman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Deandra Syarizka
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro