./.
Fashion

Karya Pelopor Seni Lukis China Dipamerkan di Galnas

Dika Irawan
Selasa, 14 Februari 2017 - 15:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pameran tunggal Xie Dongming bertajuk Selfscape diglear di Galeri Nasional Indonesia pada 14 Februari hingga 24 Februari.

Dikuratori Rizki A. Zaelani, ‘Selfscape’ atau soal tataran tentang ‘pemandangan-diri’ ini dipilih untuk menjelaskan upaya perluasan cara memahami diri yang dikerjakan Dongming dengan meraih intensi ‘pengalaman yang mendalam’ tentang orang lain secara ekspresif dan mengandung nilai emosi.

“Selfscape” akan menampilkan lukisan-lukisan mutakhir Xie Dongming yang menunjukkan hasil penjelajahannya di berbagai tempat (budaya) di daratan China juga di luar China —termasuk di Indonesia— saat dia pernah memiliki kesempatan untuk mengunjungi dan mengamati warga di daerah sekitar Yogyakarta.

Dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (14/2/2017), pameran hasil kerjasama Galeri Nasional Indonesia dan Fang Gallery ini digelar di Gedung D Galeri Nasional Indonesia. Selain pameran, publik juga dapat menikmati Video Screening berjudul “My Trip to Pamir”.

Xie Dongming, lahir di Beijing pada 1959 adalah seorang profesor seni lukis di Central Academy of Fine Arts – Beijing, yang menjadi salah satu tonggak pendidikan tinggi seni rupa di China.

Sosok Xie Dongming menjadi salah seorang pelopor kemajuan seni lukis (realis) China dengan proyek perjalanan dan studi mereka ke berbagai pelosok budaya-budaya lokal China yang luas serta kaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro