Ruang pameran/Istimewa
Show

Mencari Alternatif Ruang Pameran di Sekitar Jakarta

Dika Irawan
Jumat, 17 Februari 2017 - 16:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jakarta sebagai Ibu Kota negara dianggap minim tempat untuk menggelar pameran seni. 

Audi Rusli pemilik ArtSerpong Gallery menuturkan tempat-tempat pameran seperti Galeri Nasional Indonesia, Balai Budaya, hingga Bentara Budaya Jakarta sudah terlalu padat untuk berpameran sehingga harus mengantre lama. 

Dengan kondisi saat ini, ujar Audi, membuat seniman-seniman tak maksimal dalam berkarya. Dia menjelaskan, umpamanya ketika seniman bersiap-siap berpameran di Jakarta mereka harus menunggu waktu yang lama.

Saat menunggu berpameran lama, para seniman tak menutup kemungkinan menjual karyanya ke kolektor . 

"Setelah karya seniman tersebut dibeli kolektor, seniman tersebut membuat karya keduanya yang sudah tidak sebagus karya awalnya untuk dipamerkan, ujarnya kepada Bisnis belum lama ini. 

Dia menuturkan kondisi sebaliknya terjadi di Jogjakarta. Di sana hampir tiap minggu ada pameran di berbagai tempat dan pembelinya datang dari Jakarta. Berkaca dari kondisi tersebut, Audi tertantang melakukan hal serupa di Jakarta. 

Akhirnya setelah bekerjasama dengan pengembang Sinar Mas, dia membuka lokasi pameran di Breeze Space Art, BSD Tangerang. Dia yakin jika ruang eskpresi tersedia maka para perupa akan mampu menghasilkan karya-karya yang lebih berkualitas. 

"Banyak seniman-seniman Indonesia jago-jago tetapi malah dihargai di luar negeri. Kenapa hal itu terjadi? karena ruang pameran di Indonesia itu kurang. Mudah-mudahan langkah saya diikuti pengembang lain untuk membuat tempat-tempat pameran," ujarnya. 

Dengan adanya tempat baru ini, Audi mengatakan sudah tak ada alasan lagi bagi seniman di Jakarta untuk tak berkarya karena tempatnya sudah tersedia. Kini tinggal senimannya berusaha menampilkan karya-karya terbaiknya.  Namun, Audi enggan ruang pamerannya memajang karya-karya yang dibuat asal-asalan.

"Pesan Heri Dono harus berhati-hati. Dari pameran ini muruahnya sudah bagus. Jangan sampai karya-karya yang dipamerkan tidak terseleksi dengan baik. Sebab jika hal itu yang terjadi para kolektor tak mau datang. Terlebih lokasinya berada jauh dari Jakarta," ujarnya. 

 

Baru-baru ini sebanyak 73 seniman dari beragam generasi berpartisipasi dalam pameran Art-Tivities Now, di Breeze Space Art, Bumi Serpong Damai Tangerang, Banten, hingga 5 Maret mendatang. Pameran tersebut dimeriahkan nama-nama seperti Heri Dono, Jeihan Sukmantoro, hingga Nasirun. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro