Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (kanan) disaksikan Direktur Pemberitaan LKBN Antara, Aat Safaat (kiri) menandatangani poster Pameran Kilas Balik 2016 saat pembukaan pameran foto dan peluncuran buku foto Kilas Balik 2016, di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Jakarta, Jumat (17/2/2017)./Antara-Rivan Awal Lingga
Show

Pameran Kilas Balik 2016 Dibuka, Ingatkan Ancaman Intoleransi

Dika Irawan
Sabtu, 18 Februari 2017 - 00:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Galeri Foto Jurnalistik Antara menggelar pameran foto Kilas Balik 2016 di GFJA Antara, Jakarta pada 17 Februari hingga 18 Maret mendatang. Bekerja sama dengan Divisi Pemberitaan Foto, GFJA juga meluncurkan buku Kilas Balik 2016.

Total karya yang dipamerkan dalam pameran ini berjumlah 80 foto. Seluruh foto tersebut memuat berbagai peristiwa yang terjadi di Indonesia sepanjang 2016 ditambah dengan empat foto yang diproduksi pada 17 Februari 2017.

Praktik intoleransi menjadi salah satu fokus utama dalam pameran ini, selain sejumlah isu utama seperti korupsi, penegakan hukum, ekonomi, politik, dan sosial budaya.

"Divisi Pemberitaan Foto Antara tetap menjaga kerja jurnalistiknya, tidak terperangkap dalam dinamika politik mutakhir. Kami tetap menyajikan rekaman peristiwa penting lainnya," kata Kepala Divisi Pemberitaan Foto Antara Hermanus Prihatna dalam pembukaan pameran pada Jumat (17/2/2017).

Menurut dia tensi politik jelang Pilkada DKI Jakarta seakan menjadi pencabik rasa kebangsaan. Ketegangan tersebut juga didukung ramainya hasutan lewat sosial media sehingga melupakan peristiwa pentingnya di Tnaah Air.

Sementara itu kurator pameran Oscar Motuloh mengatakan pameran ini merupakan salah satu barometer tahunan yang dikeluarkan Antara Foto yang keberadaannya akan terus berlanjut sebagai wadah evaluasi bagi pewarta foto Antara dan juga publik.

"Kilas Balik 2016 melihat bagaimana praktik intoleransi dapat mengacam kebhinnekaan," ujarnya.

Hadir dalam pembukaan pameran antara lain Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dan sejumlah pejabat Lembaga Kantor Berita Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro