Pekerja memilah sampah di Tempat Pembuangan Sampah Sementara kawasan Sunter, Jakarta, Selasa (3/11)./Antara
Fashion

Tips Mengelola Sampah Skala Rumah Tangga

Nindya Aldila
Rabu, 22 Februari 2017 - 07:23
Bagikan

Bisnis.com JAKARTA – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada hari ini, CEO Greenaration Junerosano mengingatkan khalayak untuk disiplin dalam melakukan pemilahan sampah pada setiap rumah tangga.

Permasalahan saat ini banyak yang beranggapan bahwa kebiasaan memilah sampah akan sia-sia karena di tempat pengolahan, sampah akan dicampur kembali.

“Bagi masyarakat yang sudah disiplin tolong jangan putus asa kalau infrastruktur yang ada di daerah anda belum membantu. Tugas anda tetep memilah sampah. Kalau anda punya sampah, simpan yang bisa didaur ulang. Kalau anorganik bisa bekerja sama dengan pemulung,” ujarnya saat dihubungi Bisnis.com, Selasa (21/2/2017).

Sano memberikan beberapa tip bagi keluarga agar serius dalam melakukan pengelolaan sampah secara mandiri di tingkat rumah tangga. Pertama, simpan sampah yang bisa didaur ulang lalu berikan kepada pengelola sampah, misalnya pemulung. Menurutnya, sampah daur ulang bisa digunakan kembali menjadi plastik atau bahan lainnya yang masih memiliki nilai ekonomi yang bermanfaat.

Kedua, khusus bagi sampah organik, anda bisa melakukan pengomposan sederhana dengan cara menguburnya. “Kalau males melakukannya, bisa membiarkan petugas kebersihan mengangkutnya,” ujarnya.

Ketiga, hal yang kecil tapi penting, yaitu bayarlah iuran sampah secara teratur dan pantas. Hal itu agar menghindari petugas kebersihan yang kadang malas mengangkut sampah di wilayah anda.

“Memilah sampah adalah harga mati,” tutupnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro